«

»

Dubes RI untuk Qatar Kunjungi Sumbar Jajaki Peluang Investasi

22 Agustus 2013

Sangat disayangkan, alam seindah ini belum dikenal oleh masyarakat dunia. Oleh karena itu KBRI di Qatar akan membantu promosi Sumatera Barat di Timur Tengah.

Padang – Qatar adalah salah satu negara terkaya di dunia dengan income perkapita US$ 106.000 dan saat ini memiliki US$ 120 Milyar yang dikelola oleh Qatar Investment Authority melalui Qatar Holding yang khusus disediakan untuk investasi di luar negeri.

 

Dedi Saiful Haddi yang merupakan Dubes RI untuk Qatar sengaja datang ke Sumatera Barat menawarkan potensi tersebut. Dedi Saiful Haddi beserta rombongan diterima secara resmi (21/8) oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim beserta Sekda Prov. Sumbar Ali Asmar dengan diantar oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Burhasman di Gubernuran.

 

Gubernur Sumatera Barat pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan berterima kasih atas perhatian Dubes RI untuk Qatar terhadap Sumatera Barat. Dalam dialog tersebut, Gubernur menjelaskan tentang peluang investasi yang meliputi sektor pariwisata dalam bentuk hotel dan resort, perkebunan, sektor energi (khususnya geothermal) dan juga sektor transportasi beserta infrastruktur.

 

Menurut Dubes RI untuk Qatar, yang baru pertama kali berkunjung ke Padang, ternyata alam Sumatera Barat sangat indah. Sangat disayangkan, alam seindah ini belum dikenal oleh masyarakat dunia. Oleh karena itu KBRI di Qatar akan membantu promosi Sumatera Barat di Timur Tengah. Dubes berharap kunjungannya kali ini dapat ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan di masa yang akan datang.

 

Pada saat itu, Dubes langsung mengundang Gubernur Sumatera Barat untuk hadir pada Indonesian Trade, Investment and Tourism Update (ITITU) tanggal 30 September 2013 di Doha, Qatar. Pada pertemuan tersebut, Gubernur Sumatera Barat menyerahkan seperangkat pakaian pengantin Minangkabau untuk dijadikan materi diplomasi budaya di Qatar.

 

Pertemuan dilanjutkan dalam bentuk presentasi dan dialog dengan pelaku usaha pariwisata, Pemko Padang dan BKPMD Prov. Sumbar. Dalam dialog tersebut diharapkan pihak KBRI memfasilitasi pengadaan sarana promosi di luar negeri dalam bentuk billboard yang kontennya dapat diisi oleh kementerian teknis atau pemerintah daerah. [humasprov]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>