«

»

Potensi Agrowisata di Perkebunan Aia Angek

29 Januari 2014

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH DATAR — Seringnya melakukan peninjauan ke berbagai daerah menjadikan Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno lebih mengenal daerahnya. Termasuk ketika dirinya meninjau perkebunan sayur masyarakat di Aia Angek Tanah Datar yang berada di kaki Gunung Merapi, akhir pekan lalu.

Minggu (26/1). Ikut mendampingi Kadis Pertanian Ir. Jhoni, Kadis Sosial Abdul Gafar,SE.MM. Ada beberapa menit di lokasi ini

Sambil menikmati kopi panas dan jeruk yang baru dipanen, gubernur yang kerap mengendrai motor cross ini sempat ikut  memanen wortel dikebun rakyat tersebut. Menurutnya perkebunan rakyat yang berada di lokasi ini sungguh indah, dipastikan juga masyarakat umum mau datang ke lokasi ini dapat memanen sendiri sayur-sayur segar dari kebun secara langsung. “Alangkah indah dan menariknya lokasi ini jika dapat dikembangkan sebagai lokasi agrowisata nantinya,” ujarnya.

Ada lebih 450 hektare luas perkebunan rakyat di lokasi ini. Jika dapat difasilitasi sarana dan prasana, khususnya jalan wisata ke lokasi ini dipastikan menambah daya tarik pengunjung baik wisatwan lokal maupun mancanegera. ” Kehadiran lokasi wisata baru ini nantinya bisa menambah waktu kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat,” ujarnya.

Diperkebunan rakyat Aia Angek ini, sayur-sayuran organik di sini juga telah diekpor dan dikenal bagus ke beberapa negara tetangga. Produksi sayuran dari lokasi ini antara lain wortel, lobak, stowbery, tomat, kacang panjang, terong, dan hampir semua sayuran dataran tinggi dapat dikembangkan di daerah ini.

republika.co.id 28 Januari 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>