«

»

Apa Sih yang Telah Diperbuat Irwan Prayitno Untuk Kuranji?

2 September 2015

Oleh Zamri Yahya, SHI

APA sih yang telah diperbuat Irwan Prayitno untuk Kuranji? Pertanyaan tersebut acap terlontar dari mulut sebagian Anak Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji kepada salah seorang tokoh Anak Nagari mereka yang saat ini maju kembali sebagai calon Gubernur Sumatera Barat.

Jika pada pemilihan gubernur (pilgub) 2010 Irwan Prayitno berpasangan dengan Anak Nagari Padang Pariaman, yaitu H Muslim Kasim. Maka pada pilgub 2015 ini, Irwan Prayitno berpasangan dengan Anak Nagari Pesisir Selatan H Nasrul Abit yang dianggap berhasil membangun kampung halamannya selama menjadi bupati dua kali periode.

Tentu, untuk memenangkan pilgub kali ini, Irwan Prayitno harus mampu meraih dukungan sebesar-besarnya dari rakyat Sumatera Barat, apatah lagi dukungan dari Anak Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji, sebagai basisnya, karena ia merupakan salah seorang Anak Nagari dari daerah perjuangan yang dikenal dengan sebutan “Harimau Kuranji” itu.

Teori politik di daerah ini mengatakan, “Jika ingin memenangkan pilgub Sumatera Barat, maka “The Candidate” harus menang di Kota Padang. Kalau ingin menang di Kota Padang, maka Nagari Koto Tangah dan Nagari Pauh Si XIV (yang terdiri dari beberapa kecamatan, yaitu Kuranji, Pauh, sebagian Padang Timur, dan sebagian Padang Utara, red) harus dikuasai.” Sebab, pemilih terbesar, terletak di kedua daerah tersebut. Di Pauh Si XIV sendiri, pemilih terbesar terletak di Kenagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji, kampung halamannya Irwan Prayitno.

Lantas, apakah semudah itu Irwan Prayitno mendapat dukungan dari Anak Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji? Jawabannya tentulah tidak. Apatah lagi, suara-suara miring berhembus di tengah-tengah Anak Nagari Pauh IX, “Selama menjadi Gubernur Sumatera Barat, apa sih yang telah diperbuat Irwan Prayitno untuk Kuranji ?”

Pertanyaan yang cukup sulit dijawab, karena perlu pembuktian yang jelas, bukan retorika politik semu dalam rangka merayu pemilih. Namun, sebagai orang yang pernah dekat dengan Irwan Prayitno pada pilgub 2010, penulis memiliki catatan tersendiri tentang apa yang telah diperbuat Irwan Prayitno untuk kampung halamannya.

Pertama, pembangunan Kantor Kerapatan Adat Nagari Pauh IX, setidaknya Irwan Prayitno mempunyai andil dalam pembangunan Balai-Balai Adat tersebut. Seingat penulis, bangunan yang kokoh berdiri saat ini di samping Mapolsek Kuranji tersebut, ada tiga orang yang berusaha mencarikan dananya, yaitu Irwan Prayitno selaku Gubernur Sumatera Barat, Fauzi Bahar selaku Walikota Padang, dan Yul Akhyari Sastra selaku anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat pada waktu itu. Dananya ada yang bersumber dari APBD Kota Padang, APBD Provinsi Sumatera Barat, dana aspirasi anggota dewan, dan dana-dana sumbangan lainnya.

Kedua, beberapa minggu usai dilantik sebagai Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menghadiri acara halal bi halal dengan masyarakat Kuranji di Mesjid Lakuk. Pada acara tersebut, masyarakat meminta agar Irwan Prayitno membangunkan jembatan penghubung dari Simpang Koto Tingga ke Simpang Kuranji. Permintaan masyarakat Kuranji tersebut dikabulkan Irwan. Tak berapa lama kemudian petugas dari Dinas Pekerjaan Umum melakukan pengukuran. Dan memang jembatan itu jadi dibangun, namun sampai saat ini belum selesai karena persoalan pembebasan lahan.

Ketiga, normalisasi Batang Kuranji atau chekdam Batang Kuranji. Pembangunannya dilaksanakan pada sisi Batang Kuranji yang letaknya persis di belakang Adzkia, sekolah yang kalau tidak salah ‘milik’ Irwan Prayitno. Selain itu, juga ada kegiatan normalisasi Batang Belimbing, dan lainnya.

Keempat, pelebaran Alai-By Pass. Boleh dikata, ini prestasi besar Irwan Prayitno untuk kampung halamannya. Dia dianggap berhasil melakukan pelebaran Alai-By Pass, dimana gubernur sebelumnya gagal melakukannya. Untuk pembebasan lahan, diserahkan kepada Pemerintah Kota Padang dimana pada waktu itu walikotanya adalah Fauzi Bahar. Kelima, pelebaran By Pass. Pada masa Irwan Prayitno pelebaran By Pass ini dilakukan. Dananya bersumber dari APBN, dan sampai saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Keenam, Irwan Prayitno sebagai Gubernur Sumatera Barat pada waktu itu mengintruksikan agar PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu) dilaksanakan di masing-masing kecamatan se Sumatera Barat. Nah, salah satu kecamatan yang menerapkannya adalah Kecamatan Kuranji dan Irwan Prayitno langsung yang meresmikannya. Waktu itu, Camat Kuranji adalah Frengki Willianto, SSTP., putra daerah Koto Tangah.

Dalam sebuh diskusi dengan salah seorang tokoh Anak Nagari Pauh IX, ada hal menarik yang dia paparkan. Menurutnya, ada beberapa proyek yang akan dilaksanakan di Kuranji, diantaranya adalah normalisasi Batang Kuranji. Jika Gubernur Sumbar nantinya bukan Irwan Prayitno, maka kemungkingan besar proyek itu belum tentu akan dilaksanakan gubernur baru nantinya.  Tapi setahu penulis, proyek yang dimaksud didanai oleh dana APBN dan sudah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional. Sebab, pengusulannya dilakukan di awal-awal Irwan Prayitno menjadi Gubernur Sumbar.

Itulah bukti fisik apa yang telah diperbuat Irwan Prayitno di kampung halamannya selama menjabat Gubernur Sumatera Barat, Pauh IX Kecamatan Kuranji yang penulis tahu. Lagian, perlu juga diingat oleh Anak Nagari Pauh IX, Irwan Prayitno itu bukan hanya Gubernur Kuranji, tetapi ia adalah milik Sumatera Barat. Pilgub pada tanggal 9 Desember 2015 juga bukan pemilihan Gubernur Kuranji, tetapi pemilihan Gubernur Sumatera Barat.

Disamping bukti di atas, toh tiap hari Kamis (itu pun setahu penulis, red), dia bolak balik Taratak Paneh-Istana Gubernuran hanya sekedar untuk bermain badminton di hall Adzkia. Abis bermain badminton, Ia juga tak lupa mencicipi Sate Kalumbuk.

Tentu saja tulisan ini bukan bertujuan menyakinkan Anak Nagari Pauh IX untuk memilih Irwan Prayitno kembali. Cuma mengingatkan saja, selama menjabat Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, bukan tidak berbuat untuk kampung halamannya. Dia ada berbuat, cuma kurang publikasi saja, sehingga banyak orang yang tidak tahu, termasuk Anak Nagari Pauh IX sendiri.

Soal pilihan pada pilgub, ya tergantung selera masing-masing. Wallahul muwafiq ila aqwamith thariq, semoga Allah menuntun kita ke jalan yang paling lurus dalam pilgub kali ini. Amin.

Ditulis Oleh:
Zamri Yahya, SHI
Wakil Ketua FKAN Pauh IX Kecamatan Kuranji

Bentengsumbar.com, 2 September 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>