«

»

Gubernur: Jadi Tuan Rumah Penas KTNA Positif untuk Pertanian

4 Mai 2017

Padang,(Antara Sumbar) – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno berharap Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI yang akan di gelar di Padang pada 2020 bisa memberikan dampak positif terhadap pertanian secara luas di daerah itu.

“Menjadi tuan rumah Penas KTNA adalah kesempatan bagi petani dan nelayan kita untuk mengembangkan diri agar bisa lebih maju dan sejahtera,” katanya dihubungi dari Padang usai mendapatkan kepastian Sumbar jadi tuan rumah Penas KTNA XVI, Kamis.

Penas KTNA yang dimulai sejak 1971 merupakan forum komunikasi serta bagian strategis dalam upaya membangun kesepaham antara berbagai pemangku kepentingan sektor pertanian maupun perikanan.

Kegiatan tersebut sekalian wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerja sama antara petani, nelayan, petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah.

“Kegiatan ini sekaligus upaya untuk membangkitkan semangat menuju kemandirian, ketahanan serta kedaulatan pangan Indonesia,” tambahnya.

Kepastian Sumbar sebagai tuan rumah Penas KTNA XVI pada 2020 didapatkan secara aklamasi berdasarkan persetujuan seluruh peserta Penas XV di Kota Banda Aceh.

Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman mengatakan terpilihnya Sumbar secara aklamasi merupakan kebanggaan tersendiri karena sebelum ini, pemilihan tuan rumah selalu dilakukan melalui suara terbanyak.

“Artinya, semua peserta memang sangat ingin mengunjungi Sumbar yang memiliki keindahan alam dan budaya yang memikat,” ujarnya.

Selain itu keuntungan secara materi juga akan dirasakan langsung oleh masyarakat Sumbar, karena biasanya Penas KTNA dihadiri sekitar 5 ribu hingga 10 ribu orang.

“Masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan secara materi,” katanya.

Pada Penas KTNA XV di Aceh, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sekaligus mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya dari Kementerian Pertanian.

Penyerahan tanda kehormatan itu dilakukan pada acara puncak Penas KTNA XV, Sabtu(6/5) di Studion Harapan Bangsa Desa Lhong Raya Kecamatan Banda Aceh Raya – Kota Banda Aceh Provinsi Aceh.*

 

Antara Sumbar, 4 Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>