«

»

Sumbar Berkesempatan Promosi Wisata di Rusia

9 Mai 2017

Padang, (Antara Sumbar) – Provinsi Sumatera Barat mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan wisata di Rusia melalui Festival Indonesia di Negeri Beruang Putih itu pada 4-6 Agustus 2017.

“Kita undang Sumbar untuk ikut berpartisipasi dalam festival yang digelar oleh KBRI Rusia ini,” kata Wakil Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Belarusia, Lastro Simbolon di Padang, Selasa.

Ia mengatakan hal itu usai diterima Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di ruang kerjanya.

Festival Indonesia tersebut adalah yang kedua kalinya digelar oleh KBRI Rusia dan Belarusia untuk meningkatkan volume perdagangan, investasi, dan kunjungan wisatawan dari Rusia ke Indonesia.

Pada festival pertama ada 40 Usaha Kecil Menengah dan restoran serta waralaba ternama Indonesia yang ikut memamerkan produk-produknya disamping sajian kesenian dan budaya Indonesia.

Seni dan budaya yang ditampilkan sebagian besar berasal dari Bali, Jawa dan Maluku.

“Diharapkan festival kali ini lebih semarak dengan promosi daerah, seni dan budaya dari berbagai daerah termasuk Sumbar,” katanya.

Keindahan alam dan seni budaya Sumbar yang unik dinilai bisa memberikan nilai tambah terhadap festival yang digelar tersebut.

Hal itu sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia pada 2017 sesuai target 100 ribu orang.

Peluang untuk itu cukup terbuka, apalagi saat ini PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) berencana membuka penerbangan langsung Jakarta-Moskow pada Agustus 2017 dengan frekuensi penerbangan tiga kali dalam seminggu.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menanggapi positif peluang untuk promosi wisata di negara tirai besi itu, karena salah satu fokus pengembangan daerahnya adalah wisata.

“Semua peluang yang ada tentu akan kita maksimalkan dengan tetap menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia,” katanya.

Ia mengatakan akan mempertimbangkan undangan dari KBRI Rusia dan Belarusia tersebut, karena potensi wisatawan Rusia untuk berlibur di Indonesia cukup besar.

“Sumbar berharap bisa ikut menyumbang angka kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia,” katanya.

Kunjungan wisatawan asing yang meningkat ke Sumbar menurutnya juga akan menguntungkan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan industri wisata.

Sumbar memiliki potensi wisata yang sangat besar, tidak hanya wisata alam tetapi juga wisata berbasis budaya dan kuliner.

Sejumlah objek wisata terkenal diantaranya Mentawai dengan spotsurving yang mendunia, Pariangan Padang Panjang yang dikenal sebagai desa terindah di dunia, Istano Pagaruyuang sebagai simbol kejayaan Minangkabau masa lalu, Negeri Seribu Rumah Gadang Solok Selatan, Kawasan Wisata Terpadu Mandeh dan banyak destinasi lain.

 

Antaranews.com, 09 Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>