«

»

Pasar Tani Dibuka: Empat Kali Sebulan, Halaman Kantor Gubernur jadi Pasar

7 September 2017

Untuk menggerakkan perekonomian dan menjaga stabilitas harga bahan pokok, Pemerintah Provinsi Sumbar, menggelar pasar tani empat kali dalam sebulan, pada hari Rabu, di lapangan parker kantor gubernur.

“Pasar tani adalah sebuah terobosan untuk menggerakkan perekonomian serta menjaga harga bahan pokok. Kita mengharapkan ide cemerlang ini benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh petani,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat membuka pasar tani tersebut.

Irwan Prayitno menyebutkan selain menggerakkan perekonomian dan menjaga stabilitas harga, pasar tani ini adalah upaya menjaga inflasi di Sumbar. Saat ini, inflasi menjadi perhatian bagi Pemprov Sumbar sehingga berbagai terobosan dilakukan.

Ia berharap pasar tani yang digelar oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan bekerjasama dengan tim penggerak PKK Sumbar bisa menjadi salah satu instrumen penyeimbang. Selain itu pasar tani yang digelar juga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pangan murah yang berkualitas dengan harga dibawah harga pasar.

“Ini yang penting, jangan sampai harga jual di sini di atas harga pasar. Kalau ketahuan, pedagang itu tidak boleh berjualan lagi disini,” ujar dia.

Pengawasan terhadap harga tersebut menurut dia harus dilakukan secara kontiniu agar masyarakat tidak dirugikan. Bahkan, kalau ada pedagang dan petani yang ketahuan menjual dengan harga lebih tinggi dari pasar, tidak boleh diberikan izin untuk ikut kegiatan yang sama.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sumbar, Candra menambahkan pihak yang ikut serta dalam pasar tani tersebut adalah petani dan pedagang kecil yang ada di Sumbar, selain perwakilan BUMN seperti Bulog.

“Harapan kita memang untuk membantu petani dalam memasarkan produknya. Sekaligus membantu menjaga angka inflasi daerah,” kata dia.

Komoditas yang dijual pada pasar tani tersebut selain hasil pertanian seperti beras, sayur mayur, buah-buahan, minyak goreng, daging bahkan elpiji 3 kilogram dan lainnya.

 

Metro Andalas, 7 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>