«

»

Target Sumbar Menjadi Lumbung Pangan Nasional

30 September 2017

Hari Pangan se-Dunia ke-37 di Sawahlunto

SAWAHLUNTO-SINGGALANG

Sumatra Barat menargetkan bisa menjadi lumbung pangan nasional. Agar mencapai target itu, pemerintah kabupaten dan kota bisa meningkatkan produksi padi di atas 5 persen setiap tahunnya.

“Kondisi sekarang, produksi padi Sumbar sudah berada di atas 5 persen dan secara kebutuhan malahan surplus, “kata Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno kepada Singgalang, saat menghadiri Hari Pangan Sedunia tingkat Sumbar di Lapangan Segitiga Sawahlunto, Jumat (29/9).

Irwan mengatakan, semua itu menjadi target tahunan Sumatra Barat untuk terus mempertahankan produksi padi. Bahkan, diharapkan target produksi padi terus meningkat di atas 5 persen. Meski begitu, juga dimaklumi, tidak semua daerah pula di Sumbar yang bias meningkatkan produksi di atas 5 persen.

Dikemukakan gubernur, terbatasnya lahan persawahan juga menjadi tantangan bagi kota dan kabupaten untuk bisa melebihi target produksi padi. Sawahlunto, misalnya, dengan lahan persawahan yang sangat terbatas, jelas sulit meniaikan produksi padi diatas target itu.

“Lebih mendasar dari target lumbung padi nasional, bisa menjaga ketersediaan pangan sehingga produksi bisa bertambah secara kualitas dan kuantitas. “Menurut data, kita masih swasembada dan produksi masih di atas kebutuhan 1,4 juta ton kebutuhan dan produksi 2,6 juta ton, berarti masih dua kali lipat, “ujar Gubernur Irwan.

Sementara itu Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan, dengan telah lulusnya uji sertifikasi Padi Gadang Rumpun diharapkan bisa menjadi penyumbang lumbung padi Sumatera Barat. Soalnya, keunggulan Paadi Gadang Rumpun bisa bertahan dengan serangan hama wereng.

“Dari 1.682 hektar sawah yang terdiri 982 hektar sawah tadah hujan, produksi panen Padi Gadang Rumpun dalam waktu normal 8,14 ton perhektar. Kita yakin Sawahlunto bias berkontribusi untuk produksi untuk Sumatera Barat,“ tutur Ali.

 

Singgalang, 30 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>