«

»

Pemprov Diminta Alokasikan Anggaran Vaksin Pencegah Kanker Serviks

6 Oktober 2017

Pencanangan Bulan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, yang berlangsung sepanjang bulan Oktober 2017


Ketua Tim Penggerak PKK Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno mendesak pemerintah provinsi Sumbar untuk mengalokasikan anggaran vaksin pencegah kanker serviks. Sebab kanker tersebut saat ini menjadi penyumbang pertama pembunuh perempuan di Indonesia.

“Kami minta Pak Gubernur mengalokasikan anggaran vaksin pencegah kanker serviks atau kanker mulut rahim bagi perempuan di daerahnya,” sebut Nevi, pada kegiatan Pencanangan Bulan Kanker Payudara Sedunia melalui pelayanan Iva Test dan Sadanis bagi ASN dan Isteri ASN Pemprov Sumbar, di halaman kantor gubernur, Rabu (4/10).

Di dunia, setiap dalam dua menit perempuan meninggal karena kanker serviks. Di Indonesia, penderita kanker servik terbaru sekitar 15 ribu orang. Dan sekitar 8.000 perempuan di negara ini meninggal per tahun.

Saat ini di Indonesia terdapat dua provinsi yang sudah mengalokasikan anggaran vaksin pencegah kanker mulut rahim. Seperti Bali dan DKI. Artinya dua provinsi tersebut sangat peduli terhadap perempuan di daerahnya.

“Kami harapkan pemerintah provinsi juga menganggarkannya, agar seluruh perempuan di daerah kita bisa mendapatkan vaksin untuk mencegah kanker serviks, yakni vaksin HPS,” terang Nevi.

Menurutnya, pada 2019 mendatang 80 persen perempuan di Indonesia sudah memeriksakan diri. Khususnya pada perempuan yang sudah  berumahtangga dan yang pernah melakukan hubungan badan. Sebab, mereka sangat berpotensi terjangkit kanker mulut rahim.

Saat ini, setidaknya sekitar 7 persen perempuan di Sumbar menjalani IVA test. Mereka terdiri dari anggota PKK, ibu rumah tangga hingga ASN. Untuk ASN, ke depan ditargetkan sekitar 20 persen melakukan tes tersebut setiap tahunnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapresiasi, pemeriksaan dini yang dilakukan TP PKK yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan Cabang Padang.

Menurutnya, kegiatan tersebut salah satu upaya dalam mencegah kanker mulut rahim. “Pemeriksaan dini kanker penting agar kita bisa hidup sehat dan produktif. Deteksi dengan cepat sehingga bisa sembuh karena kita bisa lakukan pencegahan dari awal,” sebut Irwan.

Sementara, pada Rabu (4/10), setidaknya sekitar puluhan ribu perempuan yang terdiri dari ASN, anggota PKK di suluruh daerah melakukan pemeriksaan kanker serviks. Pelaksanaan berlangsung di kantor-kantor pemerintahan dan instansi terkait lainnya.

Kegiatan diselenggarakan TP PKK Provinsi Sumbar, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat serta BPJS Cabang Padang, pada pencanangan Bulan Kanker Payudara Sedunia melalui pelayanan Iva Test dan Sadanis bagi ASN dan Isteri ASN pemda Sumbar. Kegiatan itu mengusung tema ‘Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara.’ Pelayanan Iva test ini dilaksanakan selama 3 minggu ke depan.

Singgalang, 6 Oktober 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>