«

»

Ramadan, Perbanyak Sedekah

24 April 2020

Alhamdulillah, kita kembali bisa memasuki bulan Ramadan. Mungkin sudah ada teman, kerabat, saudara kita yang sudah tak bisa lagi menikmati suasana Ramadan karena berbagai sebab. Maka, jika melihat hal demikian kita patut bersyukur bahwa saat ini masih mendapatkan kesempatan untuk berjumpa dengan bulan Ramadan. Semoga kita bisa memanfaatkan bulan Ramadan kali ini lebih maksimal.

Di bulan Ramadan, amal dan ibadah diberikan balasan berlipat dari Allah Swt. Dan Allah Swt yang langsung memberikan ganjarannya. Rasulullah Saw bersabda tentang sebuah hadis qudsi yang artinya, “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, sebab ia hanyalah untukKu dan Akulah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung”. (HR Bukhari dalam sahihnya: 7/226 dari hadis Abu Hurairah r.a).

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman: “Kecuali puasa, karena puasa itu untukKu dan Aku yang akan membalasnya”. (HR. Muslim No. 1151)

Salah satu amalan yang dilakukan Rasulullah Saw di bulan Ramadan adalah bersedekah. “Ibnu Abbas r.a menceritakan: Rasulullah Saw adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Alquran. Dan kedermawanan Rasulullah Saw melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari No. 6)

“Dari Anas r.a sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Rasulullah menjawab, “Sedekah di bulan Ramadan”. (HR. At-Tirmidzi)

Rasulullah Saw adalah orang paling murah hati. Ia semakin murah hati di bulan Ramadan”. (HR Bukhari dan Muslim).

Balasan orang yang bersedekah diganjar dengan berlipat ganda. Allah Swt berfirman dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 261 yang artinya, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui”.

Selain balasan berlipat ganda, sedekah juga bisa menghapus dosa seseorang. Rasulullah bersabda yang artinya, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (HR. Tirmidzi, disahihkan Al-Bani dalam Sahih At-Tirmidzi, 614).

Sedekah juga bisa membebaskan seseorang dari siksa kubur. Rasulullah Saw bersabda yang artinya, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur”. (HR. Thabrani). Sementara dalam Alquran surat Al-Munafiqun ayat 10 Allah Swt berfirman yang artinya, “Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh?”.

Salah satu keunikan bersedekah adalah harta tidak berkurang. Rasulullah Saw bersabda yang artinya, “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim. No. 2588)

Sedekahpun tidak harus dengan uang atau harta, serta tidak mesti menunggu punya uang banyak. Bahkan sedekah bisa dilakukan dengan perkataan yang baik atau memberi sebutir kurma. Rasulullah Saw bersabda yang artinya, “Hindarkan dirimu dari neraka walaupun hanya dengan separoh butir kurma, jika tidak ada maka dengan tutur kata yang baik”. (Muttafaq ‘Alaih).

Sedekah juga bisa dengan melakukan perbuatan baik, seperti menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan. Rasulullah Saw bersabda yang artinya: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.” (HR. Bukhari)

Jadi, sedekah bisa dilakukan oleh siapa saja dan dengan berbagai hal. Baik uang, barang, perkataan dan perbuatan. Semoga di bulan Ramadan ini kita bisa meningkatkan sedekah kita dibanding bulan-bulan sebelumnya. ***

Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar

Posmetro Padang, 24 April 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>