«

Irwan Prayitno Resmi jadi Guru Besar Luar Biasa UNP

15 Februari 2021

PADANG – Prof. H. Irwan Prayitno, Msc. Psi., resmi menjadi Guru Besar Luar Biasa Universitas Negeri Padang setelah pengukuhan yang berlangsung, Senin (15/2). Pengukuhan oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, PhD., dalam Sidang Senat Terbuka.

Sebelum pengukuhan dalam kegiatan yang dibuka dan ditutup Ketua Senat UNP, Prof Sufyarma Marsidin itu, pria yang pernah menjabat Gubernur Sumbar dua periode tersebut menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul “Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan Psikologi dan Hati Nurani”.

Dalam orasi tersebut, Irwan Prayitno menyampaikan pembelajaran adalah sebuah proses berpindahnya suatu ilmu pengetahuan, emosi, kemampuan, keahlian kepada seseorang. Seiring perkembangan zaman, proses pembelajaran juga mengalami perubahan dari dulu transfer materi secara satu arah dari guru ke murid hingga kini peran guru berubah bagaimana mampu menciptakan suasana layak dan nyaman bagi peserta didik dalam proses belajar mengajar. Intinya, ada tiga perubahan, dari tradisional, transisi hingga modern, seperti saat ini.

Untuk menciptakan suasana layak dan nyaman diakuinya, memang tak mudah, karena sangat dibutuhkan guru yang ideal, yaitu guru yang tak cuma menguasai materi atau metode pembelajaran, tapi juga orang yang jujur, santun, tak pemarah, berkata baik, sabar, peduli, sungguh-sungguh, penuh kasih sayang dan memiliki karakter ideal lainnya. “Untuk melahirkan guru ideal ini, peran LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan-Red) sangat diperlukan, sehingga benar-benar lahir guru yang tidak hanya pintar atau menguasai ilmu yang diajarkannya, tapi juga mampu mendidik peserta didiknya dengan baik, jujur, berkata baik dan sebagainya itu,” katanya.

Menurut IP, sapaan populernya, ada beberapa pendekatan yang dapat diterapkan dalam mewujudkan guru ideal, yaitu lewat pendekatan psikologis, spritual, hati nurani, dan budaya sekolah.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, PhD., dalam sambutannya menyampaikan berbagai pertimbangan diangkatnya mantan gubernur Sumbar ini sebagai guru besar luar biasa di kampus yang dipimpinnya. Bergabungnya IP sebagai guru besar di kampus bermotto alam takambang jadi guru ini diharapkan bisa mendorong program studi Psikologi yang ada di UNP bisa segera menjadi fakultas.

“Prodi Psikologi adalah 10 prodi yang paling diminati dari 171 prodi yang ada di UNP. Saat ini, belum ada guru besar bidang psikologi di prodi ini,” tutur rektor Sebagai guru besar, Irwan Prayitno nantinya akan mengajar dan menguji mahasiswa.

Sementara itu Irwan Prayitno yang saat pengukuhannya juga dihadiri isteri tercinta, Hj. Nevi Irwan Prayitno tersebut menyambut baik pengukuhannya sebagai guru besar luar biasa. Sebagai bagian dari UNP, dia akan berupaya membantu pengembangan prodi Psikologi yang sangat penting keberadaannya saat ini dan akan datang. “Saya akan mendukung dan membantu berbagai persiapan untuk menjadikan prodi psikologi menjadi fakultas. Selain tentu saja mengajar sesuai tugas yang diberikan kepada saya,” katanya. (008)

hariansinggalang.co.id 15 Februari 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>