«

»

Gubernur: KAN Diharapkan Mampu Menjalankan Peran dan Fungsi Secara Baik

20 Mai 2013

Pembangunan kembali ke nagari yang kita lakukan saat ini belum lagi sebagaimana mesti yang kita harapkan.

Kita amat berharap Kerapatan Adat Nagari (KAN) dapat melakukan peran dan fungsinya secara baik dalam mengurus dan memutuskan problema anak kemenakan, soal perselisihan kaum dalam nagari sehingga dapat mengurangi kesibukan pihak kepolisian dan pemerintah daerah. KAN juga dapat memberlakukan otonomi mutlak dalam kebijakan meningkatkan pembangunan secara bersama dalam sebuah nagari.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam acara Pengukuhan Ketua KAN Nagari Saning Baka di Balai Adat Kabupaten Solok, Rabu siang (15/5). Hadir dalam kesempatan itu Bupati Syamsul Rahim, Ketua LKAAM Sumbar Mhd. Syayuti Dt. Panghulu, Dirut Bank Nagari Suryadi Asmi Dt. Rajo Nan Sati, Ketua KAN terpilih Tasman Dt. Tan Mangagar, SH, MH, Ketua LKAAM Kab Solok, serta tokoh dan perantau Saniang Baka.

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyampaikan, pembangunan kembali ke nagari yang kita lakukan saat ini belum lagi sebagaimana mesti yang kita harapkan, oleh karena itu KAN beserta elemen nagari lain mesti melakukan inovasi dan terobosan dalam aplikasi budaya adat dan istiadat di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat di nagari.
Kita juga menyambut baik berbagai keseriusan, usaha dan upaya yang dilakukan Pemkab Solok dalam mengaplikasikan “Adat Salingka Nagari”, sebagai kekuatan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan nagari yang ideal. Jika ini berhasil, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menjadikan sebagai model untuk pembangunan nagari di Sumatera Barat, ujarnya.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, kita mengetahui beberapa kisah orang – orang Minang yang berhasil di perantauan. Dari kisah tersebut hampir dipastikan orang – orang Minang yang berhasil itu selalu menempatkan karakter budaya dan adat Minang dalam dirinya. Sehingga mereka memiliki kepribadian dan keteguhan moral budaya Minang yang membawa mereka menjadi besar, disenangi dan disegani banyak kalangan.

Guna menumbuhkan semangat bernagari itu secara berkelanjutan dan lestari, kualitas ninik mamak perlu kita berdayakan secara baik. Dan kita berharap para ninik mamak dapat menjadi teladan bagi yang lain untuk melestarikan adat, budaya dan istiadat di tengah-tengah masyarakat.

Empat peran dan fungsi ninik mamak yang diharapkan dapat berjalan secara baik dan benar dalam meningkatan pembangunan di nagari. Peranan ninik mamak dalam mendukung ketahanan daerah dilakukan dengan cara memberikan ketaeadanan dan mengeluarkan seruan-seruan yang mengajak anggota masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, berpartisipasi dalam menjaga kamtibmas serta menghindari konflik sehingga kerukunan, ketentraman dan kedamaian dalam masyarakat terpelihara dengan baik, ajaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>