«

»

Periksa Kebersihan Objek Wisata, Gubernur Sumbar Telusuri Pantai

13 Januari 2014

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno bersama Kelompok Motocross Trabas Sumbar I, melakukan penelusuran kawasan objek wisata Pantai Air Manis di Kota Padang.

Kunjungan kerja menggunakan kendaraan roda dua itu digelar Minggu sebagai wujud keprihatinan terhadap kurangnya kebersihan objek wisata favorit yang sering dikunjungi wisatawan mancanagara dan wisatawan domestik itu.

Sejumlah pihak menilai kondisi kebersihan Pantai Air Manis di Kecamatan Padang Selatan, yang menyimpan legenda Malin Kundang itu, memprihatinkan.

Gubernur Sumbar dalam dialog dengan masyarakat setempat menyampaikan, perlu dilakukan kegiatan rutin menjaga kebersihan pantai agar para wisatawan dapat menikmati keindahan lokasi itu dengan baik dan nyaman.

Hal itu tentu saja harus dilakukan oleh pihak Pemerintah Kota Padang, namun partisipasi masyarakat sangat menentukan terwujudnya kebersihan dan kenyamanan di objek wisata tersebut.

Menurut dia, bersih dan nyaman objek wisata itu tentu pengunjung betah untuk datang dan menikmati untungnya masyarakat dengan bergeraknya sektor usaha kecil di lokasi itu.

Jika semakin bersih, nyaman dan indah tentu para wisatawan akan ingin berlama-lama dilokasi tersebut, dan makin disukai masyarakat terberlibur bersama anggota keluarganya.

Gubernur saat dialog dengan warga menerima masukan terhadap kondisi pantai air manis yang dimana pada sisi sebelah barat, terus terjadi erosi pantai, karena itu perlu dibangun batu grip penangkal pantai.

Melalui pengamanan itu, lokasi objek wisata itu dapat lebih luas lagi pada masa mendatang dan menambah keindahan Pantai Air Manis.

Irwan menyatakan akan membicarakan dengan pihak Pemerintah Kota Padang, dan dengan kepala Dinas Pariwisata Sumbar serta dinas terkait lainnya, dan diharapkan dapat dibenahi dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Mari kita jaga dengan baik lokasi-lokasi wisata di Sumatera Barat, karena dari perkembangan pembangunan dunia kepariwisataan akan mampu mendorong ekonomi masyarakat kecil untuk lebih sejahtera,” imbaunya.

republika.co.id 12 Januari 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>