«

»

Satu Jam Setelah Shalat Istisqa’ Hujan Turun

19 Maret 2014

 

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan Shalat Istisqa’ (shalat minta hujan), Senin (17/3) di Masjid Raya Sumbar. Makbul, satu jam setelah shalat, hujan sudah mengguyur Kota Padang.

Kegiatan Shalat Istisqa’ ini dihadiri ratusan masyarakat Sumbar, termasuk Gubernur Irwan Prayitno, Sekdaprov Ali Asmar, Ketua MUI Sumbar Syamsul Bahri Khatib dan pejabat di lingkungan Pemprov Sumbar. Tak hanya itu, para pelajar SLTP dan SLTA juga ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan ini.Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, Shalat Istisqa’ ini dilakukan untuk meminta pertolongan Allah untuk mendatangkan hujan. Cuaca saat ini kurang bersahabat. Bahkan akibat kabut asap, udara di sejumlah kabupaten/kota di Sumbar sudah masuk dalam kategori tidak sehat.
“Kita berharap dengan datangnya hujan tersebut, kabut asap dapat menipis dan masyarakat bisa menghirup udara bersih kembali,” ucapnya.
Dikatakan, suatu bencana bisa hilang, apabila manusia memohon pertolongan kepada Allah. Hal ini jelas disampaikan salah satu ayat dalam Alquran. “Ini salah satu cara kita untuk meminta pertolongan pada Allah. Mudah-mudahan Allah mendengarkan doa kita, agar hujan segera turun, namun tentu saja hujan tersebut tidak menimbulkan bencana,” ucapnya.

Ketua MUI Sumbar, Syamsul Bahri Khatib mengatakan Shalat Istisqa’ itu merupakan shalat sunat. Berbeda dengan shalat sunat lainnya, Shalat Istisqa’ dilakukan karena ada penyebabnya. Hukum Shalat istisqa’ ini sunat. Namun dengan kondisi saat ini, hukumnya wajib.
Lebih jauh dikatakan, asap tidak hanya merusak kesehatan, keturunan, perhubungan dan perekonomian masyarakat. Dia juga menghimbau agar masyarakat mengeluarkan zakatnya. Dengan berzakat Allah akan memberikan keberkahan. Tanpa dikeluarkan zakat, maka Allah tidak akan menurunkan setetes hujan sedikitpun.
“Keluarkanlah zakat, agar azab Allah ini tidak lagi menyiksa kita,” ucapnya. (401/403)

Singgalang 18 Maret 2014

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>