«

»

Pemprov Serahkan LKPD 2015 Lebih Cepat

29 Maret 2016

PADANG – Gubernur Irwan Prayitno menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Sumbar 2015 kepada Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumbar, Selasa (28/3) di Padang.

 

Penyerahan tersebut lebih cepat empat hari dari batas waktu yang ditetapkan, 31 Maret 2016 sehingga bisa menjadi teladan bagi kabupaten dan kota di daerah itu. Karena, LKPD bentuk bentuk pertanggungjawaban pemerintah dalam penggunaan anggaran.

 

Pada kesempatan tersebut, Irwan Prayitno menyerahkan enam buku yang akan dijadikan bahan-bahan pemeriksaan LKPD, di antaranya, buku laporan keuangan pemerintah provinsi 2015, buku rancangan peraturan daerah tentang  pertanggungawaban pelaksanaan APBD tahun 2015, buku rancangan peraturan

gubernur tentang penjabaran pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2015, buku laporaz keuangan BUMD 2015, buku lampiran neraca berupa daftar aset lainnya pemerintah provinsi Sumbar 2015 serta buku hasil reviu inspektorat atas laporan keuangan pemerintah provinsi tahun 2015.

 

“Penyerahan ini sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, LKPD untuk 2015 sudah disampaikan paling lambat 31 Maret 2016 untuk di audit,” terangnya.

 

Sementara itu, Kepala BPK-RI Perwakilan Sumbar Eldy Mustafa menyatakan (hari ini, Selasa 29/3) akan langsung mengaudit laporan yang telah diserahkan tersebut.

 

“Bahan-bahan tersebut akan kami audit dan akan selesai dalam 40 hari ke depan,” jelasnya.

 

Kemudian, Eldy Musatafa berharap dengan penyerahan laporan ini akan menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia.

 

“Semoga Sumatera Barat akan menjadi contoh dan provinsi lain dapat berkunjung dan belajar dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat,” sebutnya.

 

Hadir pada acara tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Keuangan Hansastri, Kepala Inspektorat Erizal, Kepala Biro Humas Irwan dan pejabat-pejabat dilingkungan BPKRI Perwakilan Sumatera Barat tersebut.

 

Pada hari yang sama, Pemkab Tanah Datar juga menyerahkan LKPD 2015.

 

(104)

Singgalang, 29 Maret 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>