«

»

Perang terhadap Narkoba, BNNP Sumbar Pantau Sejumlah Kepala Daerah

31 Maret 2016

Memastikan jajaran pemerintah daerah bebas dari narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar tes urine Gubernur Irwan Prayitno dan sejumlah pejabat, Rabu (30/3) di Padang. BNNP juga sedang memantau kepala daerah.

Tes urine tersebut diawali dengan rapat koordinasi narkoba bersama jajaran pejabat pemerintah bersama BNNP Sumbar. Kemudian usai rapat BNNP menggelar tes  urine.

Kebetulan hadir dalam kesempatan itu hanya tiga kepala daerah, seperti Bupati Agam, Indra Catri, Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur dan Gubernur Irwan Prayitno.

Dari tiga kepala daerah tersebut, semuanya negatif. Begitu juga dengan jajaran pejabat lainnya. Ada sekitar 20 orang yang dites urine, di antaranyapejabat daerah yang mewakili kepala daerahnya.

“Karena sekarang tidak diikuti oleh semua kepala daerah, nanti akan kita lanjutkan lagi,” sebut Kepala BNNP Sumbar, Moh. Ali Azhar.

Setelah beberapa menit dilakukan tes urine, dari 20 orang yang menjalani tes urine, semua negatif. Meski saat ini hanya ada tiga kepala daerah yang dites urinenya, namun ke depan pihaknya akan melakukan tes urine kepada kepala daerah lainnya.

Dijelaskannya, kalau ada kepala daerah yang terindikasi sebagai pemakai narkoba, itu tidak akan bisa disembunyikan. Bahkan, walaupun telah melakukan pembersihan diri, kandungan narkoba itu akan dapat terdeteksi.

“Kalau tes urine ini bisa mendeteksi kandungan narkoba tiga hari sejak orang itu  menggunakan narkoba. Kalau tes darah, bisa seminggu. Tapi, kalau tes rambut, itu bisa enam bulan. Pokoknya, kalau dia itu memang pemakai berat, tidak akan bisa dibohongi,” ujarnya.

Namun, untuk saat ini di Sumbar belum ada yang positif narkoba, seperti Bupati Ogan Hilir, Sumsel. Namun, tidak tertutup kemungkinan juga ada kepala daerah di Sumbar yang terindikasi menyalahgunakan narkotika.

Menyikapi tes tersebut, Gubernur Irwan Prayitno ikut mendukung dengan diadakannya tes urine kepada kepala daerah ini. Karena, kepala daerah itu patut menjadi teladan bagi bawahannya.

Untuk ke depan, tes urine ini juga akan dilakukan kepada jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Sumbar. Dia juga berharap kepada BNNP Sumbar, jika melakukan tes urine, dilakukan dengan gaya yang sama, yakni dengan system dadakan. (104)

Singgalang, 31 Maret 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>