«

»

Sudah di Putuskan PWI : Sumbar Tuan Rumah HPN 2018

22 Maret 2017

Padang, Singgalang

Penantian panjang Sumatera Barat untuk menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) berbuah manis. Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Selasa (21/3) mengeluarkan surat keputusan Sumbar ditetapkan sebagai tuan rumah HPN 2018.

HPN menjadi rebutan karena program ikutannya yaitu presiden meresmikan atau mengantarkan proyek-proyek skala besar untuk provinsi tuan rumah. Di Ambon lalu misalnya triliunan dana digelontorkan ke sana oleh pemerintah pusat.

Keputusan itu tertuang dalam surat bernomor 022/PWI-P/LXXI/2017 ditandatangani Ketua Umum PWI, Margiono dan Sekretaris Jenderal Hendry Ch Bangun. Dalam surat tersebut dinyatakan dari tiga daerah yang dicalonkan, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Surakarta, maka pilihan jatuh ke Sumbar.

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus kepada Singgalang dari Jakarta menyebutkan, pengambilan keputusan melalui sidang pleno plus pengurus PWI Pusat yang terdiri dari unsur pengurus harian, dewan penasihat dan dewan kehormatan, dilangsungkan Selasa kemarin. “Alhamdulillah, kita  ditetapkan sebagai tuan rumah. Ini buah usaha keras dalam penantian panjang,” kata Heranof.

Sementara, dalam surat keputusan PWI pusat dimaksud disebutkan, pengambilan keputusan tuan rumah HPN 2018 diawali dengan presentasi tiga utusan dari PWI Pusat yang turun ke tiga daerah kandidat, masing-masing Sumut, Sumbar dan Surakarta. Mereka berkesimpulan ketiga daerah tersebut sama-sama punya kesiapan dari berbagai segi seperti transportasi, akomodasi maupun komitmen pemimpin daerahnya. Hanya saja Sumbar lebih dahulu mengajukan diri sebagai tuan rumah dibanding dua daerah lainnya itu.

“Setelah mempertimbangkan berbagai faktor, memutuskan untuk tahun 2018 memberikan kesempatan kepada Sumatera Barat sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional yang terlebih dahulu menyampaikan permohonan pada tahun lalu,” begitu bunyi bagian dari surat keputusan tersebut.

Gubernur Irwan Prayitno mengaku bersyukur dengan penetapan Sumbar sebagai tuan rumah HPN. Untuk itu, Irwan berharap HPN dapat  berjalan sukses di Sumbar.

“Harapan kita bagaimana HPN berjalan sukses. Diharapkan pelaksanaan HPN di Sumbar menjadi yang terbaik. Apalagi titik berat kita nantinya adalah pariwisata,” ujarnya.

Diharapkannya, dengan hadirnya HPN adanya percepatan pembangunan kepariwisataan. Pemprov akan segera menuntaskan infrastruktur lainnya. Pemprov akan mempersiapkan segala sesuatu dalam menunjang pelaksanaan HPN, mulai dari program dan anggaran.

“Dalam waktu dekat akan kita bentuk panitia pra persiapan HPN yang akan melibatkan semua stakeholder terkait. Kita semua memberikan  dukungan, karena HPN adalah acara besar dalam pentas nasional. Mari bersama2 kita sukseskan HPN 2018 ini dan kita akan berupaya menjadi tuan rumah yang baik,” pungkasnya.

Gubernur Irwan Prayitno mengaku bersyukur dengan penetapan Sumbar sebagai tuan rumah HPN. Untuk itu, Irwan berharap HPN dapat berjalan sukses di Sumbar.

“Harapan kita bagaimana HPN berjalan sukses. Diharapkan pelaksanaan HPN di Sumbar menjadi yang terbaik. Apalagi titik berat kita nantinya adalah pariwisata,” ujarnya.

Diharapkannya, dengan hadirnya HPN adanya percepatan pembangunan kepariwisataan. Pemprov akan segera menuntaskan infrastruktur lainnya. Pemprov akan mempersiapkan segala sesuatu dalam menunjang pelaksanaan HPN, mulai dari program dan anggaran.

“Dalam waktu dekat akan kita bentuk panitia pra persiapan HPN yang akan melibatkan semua stakeholder terkait. Kita semua memberikan dukungan, kareba HPN adalah acara besar dalam pentas nasional. Mari bersama2 kita sukseskan HPN 2018 ini dan kita akan berupaya menjadi tuan rumah yang baik,” pungkasnya.

Ketua DPRD hendra Irwan Rahim juga menyambut baik iven ini. Ia meminta pemprov untuk mempersiapkan acara sebaik mungkin dan membuat proposal-proposal bagi proyek besar yang bisa memajukan daerah ini.

Pada 2017 ini tuan rumah HPN, Ambon. Untuk 2018, ada tiga calon tuan rumah, PWI menunjuk Sumbar. Provinsi ini pernah jadi tuan rumah HPN pada era 1980-an.

 

Singgalang, 22 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>