«

»

Sebarkan Daging Kurban Secara Merata

2 September 2017

Setiap orang diharapkan bisa merasakan indahnya Idul Adha dengan menikmati daging kurban. Banyak orang di sejumlah tempat yang tak bisa menikmati karena tak ada atau sedikit orang yang mampu berkurban. Karena itu, seyog yanya sebaran daging kurban harus menyentuh semua kalangan masyarakat.

Harapan itu disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat pelaksanaan salat Idul Adha, Jumat (1/9) di halaman kantor Gubernur Sumbar. Gubernur mengimbau panitia masjid atau mushalla yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban untuk dapat mendistribusikan daging kurban secara merata.

“Bagi masjid dan mushalla yang daging kurbannya cukup banyak, sementara masyarakat di sekitar tidak seberapa, untuk dapat membagikan daging kurbannya pada daerah yang peserta kurbannya sedikit atau pada kantong-kantong masyarakat yang kurang mampu,” harap nya.

Dia juga menjelaskan, dibandingkan tahun 1437 H/2016 M, jumlah hewan kurban yang berhasil terkumpul pada 1438 H/2017 M mengalami peningkatan sebesar 0,077 persen di 19 kabupaten/kota se Sumatera Barat.

Menurut gubernur, di tempat yang daging kurbannya berlebih, sementara di tempat lain justru ada yang kekurangan. “Bagi masjid dan mushalla yang daging kurbannya cukup banyak, sementara masyarakat di sekitar tidak seberapa, untuk dapat membagikan daging kurbannya pada daerah yang peserta kurbannya sedikit atau pada kantong-kantong masyarakat yang kurang mampu,” ujar gubernur.

“Tahun ini, Presiden RI kembali memberikan satu ekor sapi untuk kurban dengan berat kurang lebih satu ton, dan akan disembelih Sabtu besok (hari ini—red) di Masjid Raya Sumbar bersama dengan hewan-hewan kurban lainnya,” tambah gubernur.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Ali Asmar menjelaskan, pada tahun ini jumlah hewan kurban di 19 kabupaten/kota se-Sumatera Barat sebanyak 40.419 ekor, sedangkan pada tahun lalu berjumlah 40.388 ekor.

“Tahun ini jumlah hewan kurban tersebut terdiri dari 452 ekor kerbau, 35.258 ekor sapi dan 4.709 ekor kambing, sedangkan untuk tahun lalu kerbau sebanyak 437 ekor, sapi 35.193 ekor serta kambing 4.758 ekor,” terang Ali Asmar.

Singggalang, 2 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>