«

»

PLN: Rasio Elektrifikasi di Sumbar Capai 91%

6 September 2018

Bisnis.com, PADANG—Manajemen PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyatakan rasio elektrifikasi di Sumatra Barat sudah mencapai 91% saat ini, dan ditargetkan mencapai 100% pada akhir tahun depan.

General Manager PLN Wilayah Sumbar Susiana Mutia menyebutkan penyediaan listrik, terutama di daerah terluar penting guna melayani kebutuhan masyarakat, sekaligus bagian pemerataan pembangunan dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, rasio elektrifikasi di Sumbar termasuk sangat tinggi, dan ditargetkan dalam tahun depan sudah tercapai 100%, termasuk di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang dianggap masih terisolir.

“Target kami tahun depan sudah bisa rasio elektrifikasi 100% di Mentawai, sehingga masyarakat memang merasakan kehadiran listrik,” ujarnya, Rabu (5/9/2018).

Dia mengungkapkan rasio elektrifikasi PLN di Mentawai pada tahun lalu mencapai 31,18% dengan elektrifikasi total termasuk non-PLN sebesar 43,05%.

Sedangkan rasio elektrifikasi PLN saat ini ke daerah terluar baru mencapai 34,61% dengan rasio elektrifikasi total 46,20%. Ditargetkan pada pengujung tahun ini rasio elektrifikasi PLN menjadi 48,20% dan rasio total menjadi 60%.

PLN mematok rasio desa dialiri listrik di Mentawai mencapai 100% tahun ini, serta rasio elektrifikasi mencapai 100% pada tahun depan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan ketersediaan energi listrik sangat penting untuk mendorong pembangunan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Itu sebabnya dia meminta percepatan penyediaan listrik di daerah terluar.

“Kami dorong terus agar masyarakat di daerah terluar seperti Mentawai juga dapat menikmati listrik,” ujarnya.

Dia mengatakan tersedianya infrastruktur listrik di Mentawai diyakini bakal mempercepat pembangunan dan pengembangan ekonomi daerah itu.

bisnis.com, 6 September 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>