«

»

Irwan Prayitno: Sosialisasi Reformasi dan Birokrasi untuk Samakan Persepsi

20 Agustus 2013

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengadakan sosialisasi reformasi dan birokrasi bagi Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.

 

Sosialisasi ini bertujuan menyamakan persepsi terhadap reformasi dan birokrasi, guna meningkatkan capaian seluruh program yang telah dicanangkan oleh pemerintah, khususnya yang tercantum dalam RPJMD Sumbar.

 

Karena, dengan adanya pemahaman yang sama terhadap reformasi dan birokrasi bagi pimpinan dan anggota, maka akuntabilitas anggaran akan lebih baik, termasuk pengawasan dari DPRD itu sendiri.

 

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika memberikan paparan pada Sosialisasi Reformasi dan Birokrasi bagi Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat di Hotel Inna Muara Padang (19/8).

 

Lebih lanjut disampaikan, untuk mendorong reformasi dan birokrasi, perlu program-program kerja, serta anggaran dan didukung dengan peraturan daerah.

 

Disamping itu, pemerintah provinsi membentuk kelembagaan yang kuat, ramping dan sederhana. Kemudian, sumber daya manusia  yang berkualitas.

 

Saat ini, kita telah melakukan pemetaan kompetensi terhadap pegawai, dan mengirim beberapa SKPD untuk melakukan diklat. Hal itu, sebagai upaya peningkatan SDM, untuk pencapaian kinerja dan program secara maksimal, terang Irwan Prayitno.

 

Lanjutnya lagi, untuk mempermudah seluruh urusan, baik yang bersifat keinstansian, maupun masyarakat, Pemprov Sumbar juga telah mengajak perbaikan di bidang pelayanan publik, yakni mempermudah seluruh urusan.

 

Jadi, seluruh urusan baik masyarakat, maupun antar instansi, semua sudah diberikan kemudahan, dan tidak berbelit-belit. Karena, salah satu tujuan kami, yakni mengupayakan pelayanan publik yang memuaskan kepada seluruh masyarakat, ujarnya lagi.

 

Dengan reformasi birokrasi yang dilakukan Pemerintah Pemprov Sumbar selama ini, DPRD Sumbar sebagai pengawas, dan pelaksana seluruh anggaran, hendaknya bisa memberikan dukungan kepada Pemprov Sumbar. Sehingga, seluruh program yang telah dicanangkan oleh Pemprov Sumbar bisa tercapai lebih maksimal.

 

Kalau persepsi sudah sejalan, maka capaian pembangunan, baik bidang infrastuktur, maupun pemberdayaan masyarakat, akan tercapai dengan baik. Sehingga ke depan, masyarakat Sumbar menjadi masyarakat yang madani, lanjut Irwan lagi.

 

Hadir pada kesempatan itu Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Wamen Pendayagunaan Aparatur Negara, Kepala LAN Prof. Dr. Agus Dwiyanto. Kabiro Organisasi Setda Onzukrisno dan beberapa Kepala SKPD di lingkungan Pemprov. Sumatera Barat. [humasprov]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>