«

»

Irwan Prayitno Terima Penghargaan APPSI

26 November 2015


Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc., Datuk Rajo Bandaro Basa, Gubernur Sumatera Barat periode 2010-2015, menerima penghargaan dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Penghargaan itu diterima Irwan Prayitno pada malam ramah tamah Musyawarah Nasional APPSI di Hotel Clarion, Makassar, Rabu (25/11/2015).

 

Usai menghadiri jumpa pers di Posko Relawan Irwan Prayitno – Nasrul Abit (IP-NA) di jalan Rotan, GOR H. Agus Salim, Irwan Prayitno langsung menuju Bandara International Minangkabau (BIM) untuk memenuhi undangan APPSI di Makasar. Kepergian Irwan Prayitno ke Makasar ternyata tidak hanya sekedar memenuhi undangan, tetapi ternyata menerima penghargaan pada malam ranah tamah Munas APPSI. Padahal, sebelum berangkat, Irwan Prayitno tidak pernah mengungkapkan dirinya akan menerima penghargaan tersebut.

 

“Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sungguh, Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma´ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.” (QS. Al Hajj: 40-41).

 

Pada malam ramah tamah Munas APPSI 2015 tersebut, diserahkan penghargaan kepada 10 orang tokoh APPSI yang danggap punya peranan penting terhadap perkembangan APPSI selama ini. Kesepuluh tokoh tersebut adalah Irwan Prayitno, H. R. Nuriana, Ryaas Rasyid, Irwandi Yusuf, Agustin Teras Narang. Nama lainnya yaitu, Rudy Ariffin, Sinyo Harry Sarundajang, Muchlis Hamdi, Bahtiar Effendy, Oesman Sapta Oddang.

 

Menurut H. Syahrul Yasin Limpo, Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang juga Gubernur Sulawesi Selatan, mereka sangat layak menerima penghargaan atas jasa-jasa mereka dalam pengembangan APPSI. Pemberiaan penghargaan tersebut tertuang dalam surat keputusan Ketua Umum APPSI, tentang pemberian piagam penghargaan kepada pihak yang telah dinyatakan berjasa memajukan APPSI.

 

Syahrul Yasin Limpo pun mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan tersebut, sehingga ke depannya diharapkan mereka meningkatkan peranan dalam memajukan APPSI. Sebagai kepala daerah, jelas Syahrul Yasin Limpo, sudah menjadi tugas gubernur untuk memajukan daerah mereka masing-masing dengan mengerahkan semua potensi yang ada.

 

Irwan Prayitno ketika penulis hubungi, Kamis (26/11/2015), merasa terharu menerima penghargaan tersebut. Betapa tidak, selama ini dirinya apa yang dia lakukan untuk pengembangan APPSI merupakan tugas sebagai seorang kepala daerah pada waktu itu yang bekerja maksimal bagi pembangunan daerahnya. Dalam catatan penulis, penghargaan ini merupakan yang ke 205 yang diterima Irwan Prayitno atas prestasinya selama menjadi Gubernur Sumatera Barat dan memajukan daerah ini.

 

Dikatakan Irwan Prayitno, penghargaan tersebut diterimanya karena selama menjadi Gubernur Sumatera Barat dirinya ikut aktif membantu kepengurusan APPSI dan berkontribusi aktif untuk membangun provinsi dan pemerintahan daerah, baik melalui pemikiran, ide-ide, gagasan-gagasan, dan lain-lain. Pemikiran, ide, dan gagasan Irwan Prayitno selama ini memang diakui berbagai pihak dalam membangun daerah yang dipimpinnya yang dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang dia terima.

 

Dan penghargaan yang diraih atas buah kerjanya bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat merupakan motivasi untuk memajukan daerah ini kedepannya. Apatah lagi, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2015, Irwan Prayitno kembali maju berpasangan dengan Nasrul Abit, mantan Bupati Pesisir Selatan.

 

Dalam berbagai kesempatan, pasangan calon nomor urut 2 ini selalu menegaskan bahwa mereka bertekad mewujudkan Sumbar Madani dan Sejehtera untuk lima tahun ke depan. Tentunya, untuk mewujudkan cita-cita mulia tersebut dibutuhkan dukungan semua pihak, terutama rakyat Sumatera Barat.

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat.” (QS. An-Nisa: 58).

 

Ditulis Oleh:

Zamri Yahya

Pimpinan Bara Online Media

 

Bentengsumbar.com, 26 November 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>