«

»

Sambut Indonesia Poros Maritim Dunia, Gubernur Sumbar: Sebagian Pembangunan Maritim Diarahkan ke Mentawai

1 April 2016

PADANG –Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno ketika menjadi keynote speech dalam Seminar Nasional “Sinergitas  TNI Angkatan Laut dengan Pemerintah Daerah Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dunia” di Auditorium Gubernuran Sumbar di Padang, menyatakan, Sumbar siap mendukung Presiden RI Joko Widodo mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia (PMD).

Gubernur Sumatera Barat mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Barat memiliki potensi besar dibidang kemaritiman, karena dari 19 Kab/Kota di Sumatera Barat terdapat 7 Kab/Kota diwilayah pesisir, yakni Kabupaten Kepulawan Mentawai, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang, dan Kabupaten Pesisir Selatan. Selain itu luas wilayah laut Sumatera Barat ± 37.363,75 Km2, panjang garis pantai 1973,24 Km, jumlah pulau 185 pulau, luas terumbu karang 36.693,27 Ha, luas mangrove 43. 186,71 Ha, luas padang lamun 42.120 Ha, dan luas kawasan konservasi perairan 419.857,79 Ha.

 

Saat ini kami sedang mengembangkan kemaritiman dengan mengedepankan pariwisata di Sumatera Barat yakni dalam pembangunan wisata bahari Kawasan Terpadu Mandeh, tambah Irwan Prayitno.

Gubernur berharap semoga kegiatan seminar ini menambah semangat kita untuk menjadikan laut sebagai potensi besar, khusus untuk di Sumatera Barat yang berada di tengah pulau Sumatera, ini merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan, semoga peluang dan potensi ini dapat kita kembangkan dan kita manfaatkan semaksimal mungkin.

Khusus Kabupaten Kepulauan Mentawai, sebut Irwan, sejumlah proyek diarahkan ke sana. Ada Proyek Muara Siberut-Muara Sigep, jalan Mara-Sioban-Tuapeijat. Kemudian ada pembangunan pengembangan dermaga penyeberangan Tua Peijat, dermaga penyeberangan Pagai Selatan.

“Juga dilakukan peningkatan kapasitas pelabuhan Tua Peijat, Sioban, Sikakap, Muara Sikabaluan, Muara Siberut, Bake dan Pokai yang semuanya berada di Kabupaten Kepulauan Mentawai,” ujar Gubernur Kamis (31/3/2016). (***)

gosumbar.com, 1 April 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>