«

»

Gubernur-Bupati Tebar Miliaran Bantuan Pertanian

20 Mai 2016

TANAM PADI BERSAMA TNI DAN WARGA MAEK

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, sepanjang Rabu (18/5) menghabiskan waktunya di Maek, Kecamatan Bukit Barisan.

Di negeri seribu menhir itu, Irwan dan Irfendi menebar bantuan pertanian untuk masyarakat bernilai miliaran rupiah. Tidak hanya mendistribusikan bantuan penunjang pertanian, Gubernur dan Bupati juga ikut menanam padi bersama warga dan TNI.

Kedatangan Irwan Prayitno dan Irfendi Arbi ke Maek, disambut dengan upacara adat oleh masyarakat setempat. Irwan Prayitno benar-benar terharu, Irfendi juga demikian. “Ini sambutan yang luar biasa. Wonderfull Maek,” kata Irwan dan Irfendi.

Penyerahan bantuan pertanian ini, berbarengan dengan penanaman padi di lahan cetak sawah baru yang digalakkan Dinas Pertanian Limapuluh Kota serta jajaran TNI dari Kodim 0306/50 Kota.

Menurut Bupati Irfendi Arbi dan Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Limapuluh Kota Aprizul Nazar, bantuan yang disalurkan Pemkab Limapuluh Kota melalui Gubernur Irwan, menembus angka miliaran rupiah.

Bantuan meliputi pembangunan irigasi, lahan cetak sawah baru 40 hektare, JalanUsaha Tani (JUT), asuransi sawah milik petani melalui PT Jasindo, Bantuan Benih Bencana Alam, Bantuan Handtractor, Bantuan Benih Pengembangan Jagung dengan luas 1.200 hektare serta bantuan padi jarwi untuk 7 ribu hektare.

“Berhubung hari ini pak Gubernur ikut bersama kita ke Maek, penyerahan secara simbolisnya kita serahkan kepada beliau,” kata Irfendi Arbi, sepulang dari Maek, Kecamatan Bukit Barisan. Gubernur Irwan, mengapresiasi program kerja Bupati Irfendi Arbi di dunia pertanian.

“Apalagi, belakangan, Pemprov gencar-gencarnya melaksanakan berbagai program untuk percepatan pembangunan perekonomian masyarakat dan swasembada pangan. Program itu antara lain berupa pencetakan sawah baru di berbagai nagari yang memiliki lahan terlantar,” kata Irwan.

Dia berharap, seluruh daerah di Sumbar, terutama kabupaten, terus melakukan pencetakan sawah baru guna peningkatan pendapatan masyarakat. “Selagi masih ada lahan terlantar, kita siap merubahnya menjadi sawah yang produktif,” ungkap Gubernur Irwan.

Selain itu, lanjut Gubernur, pemerintah juga memiliki program ketahanan pangan berupa bantuan sebesar Rp16 juta untuk setiap hektare luasan lahan. Lebih menariknya, pemerintah juga mengansuransi lahan tersebut. Sehingga ketika terjadi bencana yang mengakibatkan gagal panen maka petani tidak mengalami kerugian.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Inf Heri Sumitro dan jajarannya, sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemprov Sumbar dan Pemkab Limapuluh Kota, Muspida, Muspika serta ratusan masyarakat dan anak nagari Maek.

Dandim Heri Sumitro menyebut, akan terus melakukan kegiatan cetak sawah baru yang ditargetkan tuntas hingga 1000 hektare lebih. “Sebelumnya, di Kapur IX juga sudah kita olah lahan cetak sawah baru, kemarin di Maek. Kami apresiasi dengan semangat pak Bupati dan pak Gubernur dalam mewujudkan swasembada pangan,” demikian Letkol Heri. (208)

Singgalang, 20 Mei 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>