«

»

Kembangkan Klaster Holtikultura : Gubernur dan Kepala BI Panen Cabe di Payakumbuh

20 Maret 2017

PAYAKUMBUH – Mendukung program pemerintah dalam membudidayakan tanaman selain padi, Kelompok Tani Bina Bersama, Kelurahan Koto Baru, Kecamatan Payakumbuh Timur, melaksanakan panen cabe di demplot cabe kelompok tersebut. Panen ini dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, bersama Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat, Puji Atmoko, Walikota Riza Falepi, serta Forkompimda Payakumbuh.

Panen cabe itu merupakan bagian dari rangkaian acara temu lapang Pengembangan Klaster Hortikultura Binaan Bank Indonesia Sumatera Barat di Kota Payakumbuh. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, menyampaikan, panen cabe dimaksud tergolong istimewa lantaran cabe yang dipanen adalah cabe milik kelompok tani binaan Bank Indonesia. “Bukan semen sembarang semen, semen dari dalam nagari. Bukan panen sembarang panen, karena ini panen petani binaan BI,” ujar gubernur dalam pantunnya.

Gubernur juga sangat mengapresiasi keterlibatan BI dalam memajukan sektor pertanian di Sumatera Barat. “Supaya produksi pertanian meningkat, tentu para petani harus menjadi perhatian. Terima kasih kepada BI, yang sudah memberikan perhatian untuk petani di Payakumbuh ini. Disamping juga memfasilitasi peningkatan pengetahuan para petani dan memberikan bantuan teknis,” tambahnya.

Selain itu, gubernur juga berharap agar program BI ini dapat mencapai sasaran yang diinginkan. Yaitu dengan menekan angka inflasi. Terlebih, semua fasilitas yang diberikan BI diharapkan dapat bermanfaat bagi para petani binaan. “Dengan pengetahuan dan pendampingan yang sudah diberikan BI, diharapkan ke depan para petani binaan dapat lebih mandiri. Melanjutkan menanam cabe dengan penuh semangat dan bersungguh-sungguh,” kata Irwan.

Sementara itu, Kepala BI Perwakilan Sumbar Puji Atmoko, menyampaikan, pengembangan Klaster Holtikultura di Payakumbuh merupakan salah satu program kerja Bank Indonesia Sumatera Barat yang berlangsung selama tiga tahun sejak November 2015 lalu. Menurutnya, program ini merupakan salah satu wujud tanggungjawab BI untuk mengendalikan inflasi.

 

Singgalang, 20 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>