«

»

Gubernur Apresiasi Kekompakan Masyarakat Adat Pasbar

19 April 2017

 

Gubernur saat Palewaan Pucuak Adat Nagari Airbangis

Gubernur saat Palewaan Pucuak Adat Nagari Airbangis Tuanku, Maharaja Indra Bangsawan

Pasbar, Padek—Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengapresiasi keutuhan dan kekompakan masyarakat adat Nagari Airbangis, Kecamatan Sungaiberemas, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Pasalnya, kearifan lokalnya masih terjaga dengan baik dan perlu dipertahankan. Kemudian, pelaku sejarah, tokoh adat beserta kerajaan itu harus sangat dihormati. Seperti para leluhur dari sebuah kerajaan adat yang secara silsilah harus dipahami dan dijaga keberlangsungannya.

”Identitas atau jati diri bagi kaum adat harus dipelihara. Saya sangat apresiasi kekompakan adat Nagari Airbangis ini,” kata Gubernur saat Palewaan Pucuak Adat Nagari Airbangis Tuanku, Maharaja Indra Bangsawan pada Selasa (18/8) di lapangan hijau nagari setempat.

Menurut dia, hal terpenting yang perlu diimplementasikan oleh masyarakat adat, selain menjaga identitas juga aktualisiasi diri oleh pemeluk adat itu sendiri. Aktualisasi diri oleh masyarakat adat diperlukan dalam rangka mengungkap dan mengenali nilai-nilai dan potensi dari adat itu sendiri.

Nilai tersebutlah yang nantinya akan membawa kehidupan pribadi masyarakat adat kepada kehidupan yang lebih bermartabat. Sumbar memiliki khasanah adat yang luas dan berbeda-beda pada tiap nagari yang ada. Perbedaan itu sendiri harus mampu dimaknai sebagai alat untuk mengenal satu sama lain antar suku di Sumbar. Bukan malah menjadi wadah untuk menunjukkan kesombongan dan lain-lain.

Disisi lain, Irwan Prayitno juga memberikan apresiasi kepada Bupati Syahiran dengan ketulusan dan  kegigihannya, telah membangun dan mempersatukan masyarakat Pasbar dari beragam etnis.

Dijelaskan, dalam mewujudkan pembangunan berbagai infrastruktur yang dirancangnya, seperti pembangunan pelabuhan Teluk Tapang, pembangunan akses jalan menuju pelabuhan tersebut sepanjang 43 KM. Kemudian muaranya untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Bupati Syahiran berpesan kepada Pucuak Adat Nagari Airbangis agar senantiasa mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dan anak kemenakannya. Berjalan pada koridornya, menimbang semua persoalan harus sama berat, jika memberikan pengukuran harus seadil-adilnya.

”Pemkab Pasbar tidak akan pernah melakukan intervensi terhadap adat, akan tetapi akan terus melakukan pembinaan terhadap adat dan lembaga adat melalui APBD dan ADN,” kata Syahiran.

 

Padang Ekspres, 19 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>