«

»

9.000 Karya Ikuti Festival Pantun Spontan Ala Irwan Prayitno

15 Agustus 2017

 

PADANG – SINGGALANG

Sebanyak 9.000 pantun masuk dari 817 peserta pada Festival Pantun Sponta Ala Irwan Prayitno. Peserta terdiri dari pelajar SMA/SMK yang mengirimkan pantun terbaik karya sendiri untuk dilombakan.

Jumlah itu diseleksi, kemudian terpilihlah 50 peserta yang lolos ke babak final.

“Sebanyak 50 peserta terpilih mereka yang karyanya sesuai kriteria penjurian akan diuji kembali oleh penguji dengan memberikan arahan dan tema, Peserta diberi waktu merangkai cipta karya pantun spontan sendiri, “ ujar Ketua Panitia Festival Pantun Sponta ala Irwan Prayitno, Ade Hendri saat jumpa pers di Padang, Senin (14/8).

Ia menambahkan, pengujian ini akan dilaksanakan pada hari Minggu (20/8). Pada Tugu Perdamaian, Pantai Padang dimana, nanti tidak hanya akan ada dari dewan juri. Tapi Pak Irwan juga ikut memberikan arahan dan tema.

“Jadi nanti dalam penjurian dari 50 peserta yang lolos ke babak final akan dicari 10 terbaik pantun spontan ala Irwan Prayitno ini,” katanya.

Selain itu, kata Ade dalam rangakaian acara nanti tidak hanya menampilkan peserta yang 50 orang terpilih masuk babak final ini. Namun, juga Pak Irwan mendapatkan penghargaan karena dinilai membudayakan berpantun di Sumbar.

“Pak Irwan akan diberikan penghargaan piagam rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pencipta pantun spontan jumlah terbanyak,” tuturnya.

Dikatakannya, tidak hanya penyerahan piagam MURI. Tetapi, Pak Irwan menerima penyerahan hak cipta karya pantun spontan ala Irwan Prayitno oleh Kemenkumham. Serta launching buku pantun spontan ala Irwan Prayitno jilid 5 dan 6.

“Dari berbagai acara inti. Nanti juga ada hiburan musik dan tarian tradisio nal sebagai penyemarak acara,” ulasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri, Taufik Efendi menyebutkan peserta yang mendaftar diminta mengirimkan 10 buah pantun karya sendiri ke alamat email panitia dari 10 Juli sampai 10 Agustus 2017.

“Sejak dibukanya pendaftaran pantun ini. Telah terkumpul 9000 pantun spontan. Itu sangat banyak. Ada satu peserta malah mengirim lebih dari 10 pantun,” terangnya.

Dikatakannya, antusias para siswa SMA/SMK sederajat di Sumbar (Sumbar) mengikuti Festival Pantun Spontan ala Irwan Prayitno ternyata sangat tinggi.

Sebanyak 9.000 pantun kiriman 871 peserta telah diseleksi dan dikerucutkan, dengan klasifikasi bagus dan lebih bagus. Kategori bagus, dalam satu bait pantun terdiri empat baris, kalimat perbaris tidak panjang, antara sampiran dan isi ada kaitan. Sementara kategori lebih bagus, antara baris satu hingga empat berkaitan.

“Kami telah kerucutkan menjadi 136 orang, yang merupakan pantun kriteria lebih bagus. Selanjutnya pada seleksi tahap dua akan kami ambil 50 orang,” jelasnya.

Menurut Taufik, di tahap dua, pantun yang dinilai yakni memiliki keseragaman tema dari baris awal hingga akhir. Untuk kegiatan final akan digelar pada 20 Agustus di Pantai Muaro Lasak. Ketika final, peserta akan diberikan tema khusus dan diberikan waktu 30 menit untuk membuat pantun secara spontan.

“Pada final, pemenang akan mendapat total hadiah Rp35 juta. Masing – masing untuk lima pemenang pertama mendapat hadiah Rp3 juta per orang. Lima pemenang kedua mendapat Rp2,5 juta per orang, dan 10 pemenang ketiga masing-masing Rp1 juta,” katanya.

Gubernur Irwan Prayitno menyebutkan, sejarahnya berpantun dikar enakan kebiasaan saling bergurau di grup Whats-App dengan beberapa teman.

“Ini mula dari grup WA, kita sering bergurau dengan bahasa Minang diselipin pantun. Sehingga, jadi kebiasaan dan dikomentari sama teman-teman bahwa ini bagus. Maka, percaya diri untuk membuat pantun. Sehingga pada setiap sambutan pasti ada pantun,” terangnya.

Tambahnya, budaya berpantun ini merupakan tradisi jadi kenapa tidak dibudayakan saat memberikan sambutan. Dimana, isi sambutan semua adalah pantun.

Untuk itu, semakin berkembang pantun dikalangan anak muda Sumbar, maka diadakan lah pantun ala Irwan Prayitno. Dimana, peserta adalah siswa SMA/SMK.

“Lomba pantun ini merupakan bentuk membudayakan berpantun dikalangan anak muda, selain itu juga bertepatan dengan HUT RI,”  pungkasnya.

 

Singgalang, 15 Agustus 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>