«

»

Gubernur Sumbar: Belum Ada Kerusakan Akibat Gempa Mentawai

1 September 2017

VIVA.co.id – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyebutkan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya kerusakan bangunan maupun adanya korban jiwa akibat gempa bumi.

Pusat gempa yang berkekuatan 6,2 SR berada di lokasi 1.30 LS-99.88 BT tepatnya 80 Kilometer Timur laut Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 10 Kilometer dan mengguncang Sumatera Barat pada pukul 00.06 WIB, 1 September 2017.

“Belum ada laporan. Tapi semuanya saya rasa tertangani dengan baik. Kita terus memonitor sampai sekarang,” kata Irwan Prayitno usai melaksanakan salat Idul Adha di halaman kantor Gubernur di Padang, Sumbar, Jumat 1 September 2017.

Gempa yang berpusat di 82 Kilometer timur laut Kepulauan Mentawai dini hari tadi lanjut Irwan, memang sempat membuat panik sebagian besar warga Kota Padang. Warga yang merasa khawatir berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun kondisi tersebut tidak berlangsung lama.

Irwan Prayitno mengimbau kepada masyarakat Sumatera Barat terutama yang berada di zona rawan gempa dan tsunami untuk tetap meningkatkan kewaspadaan karena potensi gempa-gempa susulan bisa terjadi.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis terjadinya gempa dengan kekuatan 6,2 SR tersebut. Getaran tersebut merupakan gempa dengan kategori dangkal.

Gempa bumi ini diakibatkan adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia atau tepatnya berada di zona megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

Menurut BMKG, konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.

viva.co.id, 1 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>