«

»

HPN 2018 Momentum Promosi Besar Pariwisata

12 September 2017

Gubernur menghadiri Peluncuran HPN Sumatera Barat 2018, di Jakarta, Minggu malam 10 September 2017, Live di TVRI Nasional

Jakarta, Padek— Peluncuran perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, ditabuh di Auditorium TVRI Pusat, Jakarta, Minggu malam (10/9). Dalam peresmian Sumbar sebagai tuan rumah HPN 2018 yang ditandatangani Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat itu, juga diluncurkan maskot HPN 2018 yang berbentuk burung kuau.

Terpilihnya Sumbar menjadi tuan rumah pesta insan pers nasional ini, diyakini mampu mendongkrak laju pembangunan daerah. Terutama, dalam pengembangan sektor pariwisata yang kini jadi program unggulan provinsi, kabupaten dan kota. Kegiatan ini juga momentum pembuktian jati diri bahwa Sumbar layak dikagumi.

”Semua tidak terlepas dari dukungan insan pers di Sumbar yang selalu mendukung pembangunan. Sehingga, Sumbar dilirik pelaku pers nasional dan diberi kepercayaan menjadi tuan rumah,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya pada peluncuran HPN 2018.

Selain dihadiri Ketua PWI Pusat Margiono selaku Ketua Penanggungjawab HPN 2018 dan Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis, puluhan wartawan dan tokoh pers dari Sumbar hingga nasional hadir pada malam itu. Pembukaan ini juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit Dt Malintang Panai, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, perwakilan Kementerian Kominfo RI, Sesmen Kementerian Pariwisata RI, Ukus Kuswara.

Menyongsong perayaan HPN yang jatuh pada 9 Februari 2018, kata Gubernur, semua kabupaten dan kota di Sumbar akan bersinergi. Meski fokus kegiatan dipusatkan di Kota Padang, namun untuk ”menyelami”  keindahan alam Sumbar, ribuan wartawan dari berbagai daerah di Indonesia nantinya bakal berkunjung ke berbagai destinasi wisata. Mereka bakal memanjakan mata hingga mencicipi kuliner Minang.

”Dalam perayaan HPN ini, kita memang fokus meracik kegiatan yang berorientasi promosi wisata Sumbar. Sehingga, para wartawan di seluruh Indonesia dapat menulisnya dengan pola masing-masing untuk menggenjot citra wisata Sumbar,” terang Irwan.

Gubernur juga berharap, Kementerian Pariwisata RI selalu mendukung secara all out promosi wisata, khususnya Sumbar yang kini terus berjuang agar dikenal di nusantara hingga mancanegara. ”Tanpa dukungan dan dorongan, tentu kita tidak bisa berlari cepat dalam menggenjot potensi pariwisata,” kata Irwan.

Ketua PWI Pusat, Margiono menyebutkan bahwa panitia HPN 2018 memang memiliki rencana besar  membranding Sumbar sebagai daerah pariwisata terbaik di Indonesia. Hal ini tentunya perlu dukungan penuh Kementerian Pariwisata, kepala daerah, tokoh masyarakat hingga para wartawan.

”Potensi wisata Sumbar, sudahlah, jangan diragukan lagi. Tapi, belum tertata maksimal. Kalau nanti sudah tertata baik, kita yakin destinasi Sumbar bisa masuk 5 besar destinasi Indonesia,” terang Margiono.

Sekretaris Menteri Pariwisata RI, Ukus Kuswara menyatakan, potensi pariwisata Sumbar adalah masa depan  wisata Indonesia. Jika telah dikelola secara profesional, diyakininya akan rutin dikunjungi wisatawan lokal dan mancarnegara.  Apalagi, saat ini Sumbar telah berpredikat destinasi wisata halal dunia. ”Objek wisata Sumbar perlu dukungan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur. Kami dari Kemenpar, selalu serius membangunan dan menengembangkan kegiatan pariwisata di Indonesia. Termasuk menyelenggaakan berbagai iven wisata internasional,” katanya.

HPN 2018 di Sumbar kali ini, lanjut Ukus Kuswara, seyogyanya menjadi ajang promosi ”gila-gilaan” tentang potensi wisata khususnya. Sehingga, rugi sekali Sumbar, jika tidak memanfaatkan momentum besar insan pers tersebut. ”Sudah sangat tepat ide Gubernur Sumbar untuk memfokuskan kegiatan HPN yang berorientasi dengan pengembangan pariwisata,” tuturnya.

Padang Ekspres, 12 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>