«

»

Tanahdatar Sukses Gelar Grand Start TdS 2017

20 November 2017

Ribuan masyarakat tumpah ruah di Istano Basa Pagaruyung menyaksikan Grand Opening Tour de Singkarak (TdS) 2017, Jumat malam (17/11). Pembukaan ajang balap sepeda internasional ini dirasakan sangat menarik dan begitu mempesona di pelataran Istano Basa Pagaruyung.

TdS yang hadir di edisi ke-9 ini, dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata diwakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esty Reko Astuty.

Esty dalam kesempatan itu mengatakan, pengembangan sector pariwisata perlu didukung secara bersama-sama. “Tanah datar yang punya banyak destinasi wisata menjadi modal besar yang dimiliki, tinggal lagi mengembangkan infrastruktur, sarana prasarana dan aksesibilitas. Dan hal itu perlu dukungan semua pihak,” kata Esty.

Esty menyampaikan, jika pengembangan pariwisata tidak hanya tugas pemerintah daerah, dan pemerintah pusat saja. Akan tetapi juga perlu dukungan masyarakat, sektor swasta, BUMN, industry pariwisata dan industri terkait lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma mengatakan, dijadikannya Tanahdatar sebagai Grand Star merupakan sebuah kehormatan bagi Tanah Datar. “Melalui TdS ini diharapkan Tanahdatar semakin dikenal oleh wisatawan nusantara dan mancanegara, yang membuat mereka berbondong-bondong berkunjung ke Sumatera Barat khususnya Luak Nan Tuo,” terangnya.

Dengan pelaksanaan start etape 1 di lokasi Istano Basa Pagaruyung, Wabup Zuldafri berharap dapat membuat salah satu ikon olahraga Sumbar ini lebih terkenal lagi di mata wisatawan lokal dan mancanegara.

”Kunjungan wisatawan yang meningkat tentunya sektor ekonomi akan menggeliat. Mulai dari hotel, restoran, industri kreatif, kuliner yang membuat pendapatan masyarakat meningkat,” sebutnya.

Senada dengan itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada sambutan Grand Start Sabtu pagi (18/11)  di depan Istano Basa Pagaruyung, juga mengajak masyarakat Sumbar menysukseskan ajang balap sepeda berskala internasional dengan total hadiah Rp 2,3 miliar ini.

”TdS merupakan salah upaya promosi seluruh potensi pariwisata yang ada, karena melalui 18 kab/ kota di Sumatera Barat sehingga pebalap, ofisial bahkan media asing bisa menyaksikan keindahan dan pesona Sumatera Barat secara langsung,” terangnya.

Kepada tuan rumah grand star  Tanahdatar, Irwan mengucapkan terima kasih atas dukungan  penyelenggaraan yang baik mulai dari malam grand opening, grand start dan beberapa etape yang akan dilalui di wilayah Tanah Datar.

Malam Grand Opening tersebut semakin meriah dengan penampilan seni tradisi Tanahdatar serta aksi panggung artis papan atas Arman Maulana membuat penonton menikmati lagu-lagu dengan latar belakang Istano yang diterangi cahaya bulan dan lampu warna-warni.

Sebelumnya 108 pebalap dari 19 tim yang berasal 28 negara dijamu makan bajamba di atas Istano Basa Pagaruyung. Ikut hadir pada dua momen besar ini, Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar Raseno Arya, Wagub Nasrul Abit, Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Dt. Intan Bano, Wakil Ketua PB ISSI Engkos Sadrah, bupati dan wako, forkompida Tanahdatar, Ketua TP PKK Ny Emi Irdinansyah, Ketua GOW Ny Retry Zuldafri, owner Emersia Hotel Merrywati dan Erdi Muluk serta tamu undangan lainnya.

Etape II Tanahdatar yang juga sebagai grand start ini menempuh jarak sepanjang 109,3 km, finish di Lapaupanjang Danau Cimpago Kota Padang. Tanahdatar juga akan dilalui dua etape lagi, etape IV Selasa (21/11) dengan start dari Kabupaten Solok dan finish di Kota Payakumbuh melalui Dermaga Singkarak, Ombilin, Rambatan, Pasar Batusangkar, Sungaitarab, Tabekpatah, Baso, Piladang, dan Ngalau Payakumbuh.

Selanjutnya, etape VII, Jumat (24/11), start di Limapuluh Kota dan finish di Kota Padangpanjang melalui Lembah Harau, Kelok Sembilan, Tanung Pati, Payakumbuh, Piladang, Baso, Bukittingi, Padangluar, Koto Baru X Koto dan Padangpanjang.

Sebelum start, Gubernur beserta rombongan diikuti seluruh pebalap berkesempatan mengitari lingkungan Istano Basa Pagaruyung yang menjadi kebanggaan masyarakat Minangkabau. ”Semoga ajang balap sepeda kebanggaan Sumbar dan Indonesia ini sukses sampai etape akhir 26 November nanti,” tukasnya.

Padang Ekspres, 20 November 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>