«

»

Pelayanan Publik

1 Agustus 2019

Pada 23 Juli 2019, di Jakarta dalam acara Indonesia Attractiveness Award 2019 Prov. Sumbar menerima anugerah penghargaan kategori platinum untuk provinsi sedang di bidang pelayanan publik. Sebelumnya pada 2018, Sumbar juga menerima penghargaan serupa, untuk bidang investasi dan pariwisata. Dan pada 2017, Sumbar masuk dalam indeks provinsi terbaik.

Penghargaan ini, yang dilakukan oleh pihak ketiga yaitu Frontier Consulting Grup bersama Tempo Media Group, memberikan motivasi kepada kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Penghargaan di bidang pelayanan publik pada tahun ini, juga merupakan sebuah apresiasi kepada seluruh jajaran Pemprov Sumbar yang telah bekerja sungguh-sungguh sehingga kerja mereka dinilai oleh pihak ketiga.

Jika penghargaan pelayanan publik pada 2019 dilakukan oleh pihak ketiga nonpemerintah, maka pada 2014 Ombudsman RI juga telah memberikan penghargaan pelayanan publik kepada Pemprov. Sumbar sebanyak 37 unit layanan yang tersebar di berbagai OPD yang ada.

Kemudian di 2016 Ombudsman RI memberikan penghargaan “Kategori Standar Pelayanan Publik dengan Predikat Kepatuhan Tinggi”. Selain itu, pada 2016 dan 2018 Prov. Sumbar mendapat Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2016 dan 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Berbagai penghargaan ini turut memotivasi kami guna tetap terus bekerja sungguh-sungguh sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Keberadaan pemerintah adalah dalam rangka melayani publik. Dalam hal kewenangan, maka pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Pemprov Sumbar di antaranya adalah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, pelayanan beberapa rumah sakit, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga SMK (Sekolah Menengah Kejujuran).

Pelayanan publik yang dilakukan bukan semata pelayanan apa adanya kepada masyarakat. Tapi pelayanan publik yang dimaksud adalah cepat, nyaman, tidak ada pungli, ada kepastian waktu, dan jelas.

Dan pelayanan publik tidak hanya diberikan kepada masyarakat, tetapi juga diberikan kepada internal aparatur pemerintah. Seperti layanan kepegawaian untuk kenaikan golongan, mutasi, dan lainnya.

Selain itu, pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat juga dalam bentuk informasi. Dalam hal ini ada Komisi Informasi yang turut memberikan bantuan dukungan dan pengawasan kepada Pemprov untuk menyediakan layanan informasi yang sesuai dengan aturan yang ada.

Alhamdulillah pada saat ini Prov. Sumbar masuk dalam 8 besar provinsi secara nasional kategori “menuju informasi”. Pada 2018, Sumbar mendapat penghargaan “Provinsi dengan Keterbukaan Informasi” dari Komisi Informasi Indonesia. Ke depannya diharapkan bisa tercapai peningkatan menjadi “provinsi informatif”.

Salah satu layanan publik yang baru saja menjadi wewenang Pemprov. Sumbar adalah SMA/SMK. Untuk SMA/SMK, dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, Pemprov telah melaksanakan tes pemetaan potensi untuk para kepala sekolah dan juga guru. Dari tes ini dihasilkan database informasi potensi para kepala sekolah dan guru. Sehingga bisa dilihat apakah kepala sekolah bisa menjalankan roda kepemimpinan di sekolah dengan baik sehingga orang tua bisa yakin bahwa anaknya mendapatkan pelayanan dari sekolah dengan baik.

Demikian juga dengan guru, bisa dilihat dari data yang ada apakah selama ini sudah berada di jalan yang tepat atau perlu perbaikan. Sehingga hal ini akan memberikan pengaruh positif kepada pelayanan pendidikan bagi masyarakat.

Jika kepala sekolah memiliki potensi yang memenuhi syarat, maka insya Allah ia akan sukses membawa sekolah mencapai kualitas yang lebih baik, sehingga kualitas lulusan pun akan semakin baik. Demikian juga dengan guru, jika memiliki potensi yang memenuhi syarat, ia akan memberikan pengaruh positif kepada anak didiknya sehingga sukses dalam kegiatan belajar-mengajar.

Selain itu, kami juga menerima kritik membangun dan saran positif terhadap pelayanan publik yang telah dilakukan. Ada masukan-masukan yang telah kami laksanakan untuk perbaikan pelayanan publik.

Untuk itu, atas segala berbagai penghargaan pelayanan publik yang telah kami terima selama ini, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-sebesarnya kepada seluruh jajaran pemprov yang telah bekerja sungguh-sungguh selama ini. Serta pihak-pihak lain yang turut memberikan kontribusi positif baik berupa saran, masukan, kritik membangun, sehingga perbaikan terus kami lakukan guna menghasilkan layanan yang lebih baik ke depannya. ***

Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar

Singgalang, 1 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>