«

»

IMT-GT

18 September 2019

Pada 10-13 September 2019, bertempat di Krabi, Thailand, kami diundang oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT GT). Acaranya bernama The 25th IMT-GT Ministerial Meeting and Related Meetings.

Pertemuan Tingkat Menteri IMT-GT pada 2019 adalah yang ke-25. Dan pertemuan Chief Minister and Governor Forum (CMGF) pada 2019 adalah yang ke-16. Insya Allah tahun 2020 Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IMT-GT akan diadakan di Padang. Kehadiran kami di Krabi, Thailand adalah selain dalam rangka pelaksanaan PTM dan CMGF di Padang tahun 2020, juga ikut aktif rapat bersama Gubernur se Sumatra dan juga dari Malaysia serta Thailand.

Wilayah yang masuk kerja sama IMT-GT ini adalah, 10 provinsi di Sumatera mewakili Indonesia. Kemudian 8 negara bagian mewakili Malaysia. Dan 14 provinsi yang ada di bagian selatan mewakili Thailand. IMT-GT bertujuan mendorong pertumbuhan dan kesejahteraan di ketiga wilayah tersebut sehingga bisa mengalami kemajuan, di mana peranan pihak swasta juga dilibatkan. IMT-GT yang diikuti Indonesia berada di bawah koordinasi Menko Perekonomian.

Adapun potensi yang ada di tiga wilayah IMT-GT cukup menjanjikan. Untuk potensi kerja sama perdagangan di ketiga wilayah, nilainya bisa mencapai 416 miliar dolar AS atau sekitar 18,3% dari total perdagangan ASEAN. Kemudian rata-rata pertumbuhan ekonomi di ketiga wilayah ini selama 2010-2015 adalah sebesar 6,9%.

Jumlah penduduk di ketiga wilayah sebesar 13% dari penduduk ASEAN atau sekitar 81 juta orang. Dan jumlah tenaga kerja sebesar 12,2% dari total tenaga kerja di ASEAN atau 38,3 juta orang.

Ketiga wilayah yang disebutkan di atas, dengan kedekatan wilayah geografis memiliki potensi untuk saling kerja sama. Seperti kerja sama di bidang pariwisata, perdagangan, perkebunan, pertanian, dan lainnya.

Salah satu kerja sama yang telah ditandatangani adalah MoU on Air Linkages oleh para Menteri terkait. Di mana Indonesia mengusulkan lima bandara, dan satu di antaranya adalah Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Menindaklanjuti MoU tersebut, kami mengusulkan adanya penerbangan langsung dari Padang ke Thailand dan Malaysia. Kami juga mengusulkan penambahan jalur wisata yang menggunakan cruise (kapal pesiar) dan yacht agar bisa terus ke Padang setelah sebelumnya sudah ada rute Sabang-Phuket-Langkawi.

Selain itu di bidang pariwisata kami menawarkan investasi di penginapan seperti hotel, resort, cottage, dan lainnya. Kami juga mengundang investor dari Malaysia dan Thailand untuk investasi di bidang perikanan dan energi terbarukan di Sumbar. Dan juga kami menawarkan kopi dari Sumbar dalam forum tersebut.

Insya Allah, dalam pertemuan 2020, kami akan mencoba berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan acara IMT-GT untuk menawarkan berbagai potensi yang ada di Sumbar kepada delegasi yang hadir. Mereka juga akan bisa melihat langsung situasi dan kondisi yang sudah ada.

Maka, para pemangku kepentingan yang ada di Sumbar akan kami ajak untuk bersama-sama memanfaatkan Pertemuan Tingkat Menteri tahun 2020 di Padang untuk mampu memberikan tawaran menarik kepada para delegasi yang hadir. Apalagi bertempat di kampung sendiri, sehingga bisa mengajak untuk melihat langsung kondisi riilnya.

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa IMT-GT juga melibatkan peran swasta untuk memajukan perekonomian, maka di IMT GT juga dibentuk JBC (Joint Business Council) atau semacam kerjasama bisnis tiga negara. Maka nantinya kamipun akan melibatkan pihak swasta dalam JBC ini.

Satu hal yang juga cukup penting dalam IMT-GT ini adalah pembahasan isu bersama, atau suatu isu yang ternyata juga dialami oleh anggota IMT-GT. Misalnya kampanye hitam terhadap kelapa sawit asal Indonesia dan Malaysia. Di mana Thailand juga diajak untuk bergabung bersama Indonesia dan Malaysia untuk bersama-sama menghadapi kampanye hitam tersebut.

Semoga persiapan yang kami lakukan hingga menjelang pelaksanaannya tahun depan bisa maksimal. Dan harapannya, dalam pertemuan tahun depan di Padang bisa memberikan hasil terbaik untuk masyarakat Sumbar. ***

Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar

Singgalang 18 September 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>