«

»

Beasiswa Pendidikan

21 Maret 2020

Pada 15 Maret 2020 bertempat di kediaman Nurhayati Subakat, Padang Panjang saya menghadiri penyerahan beasiswa bagi siswa SMA, SMK dan mahasiswa. Acara ini merupakan kerja sama Wardah Foundation dengan Minang Diaspora Network Global.

Pada saat itu turut hadir beberapa tokoh, seperti mantan Wakil Menteri Pendidikan Prof. Fasli Jalal, Anggota DPD RI Ema Yohana, Anggota DPR RI Nevi Zuairina, Ketua Yayasan Proklamator Bung Hatta, Prof. Maizar Rahman, dan tokoh diaspora Minang Dasriel Adnan Noeha. Serta beberapa tokoh dan pejabat terkait.

Nurhayati Subakat adalah pendiri PT Paragon Technology and Innovation yang mengelola merek kosmetik Wardah.  Kiprah Wardah dalam berkontribusi kepada pembangunan di Sumbar kami apresiasi. Kami juga turut mengapresiasi pihak ketiga baik swasta dan masyarakat yang selama ini sudah berkontribusi terhadap pembangunan di Sumbar.

Kami memberikan apresiasi atas kegiatan pemberian beasiswa bagi siswa SMA dan SMK yang memiliki kecerdasan dan berakhlak baik, tapi kurang mampu. Ini turut membantu mensukseskan program pemerintah di bidang pendidikan. Pemerintah tidak memiliki dana yang cukup untuk melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan, di antaranya untuk memenuhi kebutuhan siswa yang melekat dengan dirinya dalam mengikuti kegiatan pendidikan.

Memang sudah ada anggaran pendidikan sebesar 20 persen yang tercantum dalam konstitusi. Namun ini merupakan jumlah minimal yang harus dipenuhi pemerintah untuk pendidikan dasar. Di dalamnya sudah termasuk anggaran untuk menggaji guru, biaya operasional sekolah, biaya pendidikan, biaya buku pelajaran dan lainnya. Sehingga siswa sudah tidak lagi mengeluarkan biaya untuk pendidikan di sekolah.

Selain biaya operasional sekolah untuk pendidikan dasar, pemerintah juga telah menyediakan biaya operasional untuk pendidikan menengah, yaitu jenjang SMA dan SMK.  Namun anggaran tersebut baru untuk memenuhi standar pelayanan minimal. Belum bisa untuk memenuhi kebutuhan lainnya yang menunjang pendidikan. Misalnya, penyediaan laboratorium di sekolah. Selain itu, anggaran yang ada juga belum bisa memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu tapi memiliki kecerdasan bagus.

Meskipun biaya sekolah sudah digratiskan, bagi siswa yang kurang mampu masih merasakan kesulitan dalam mengikuti proses belajar di sekolah. Anggaran pendidikan sejauh ini tidak atau belum bisa membantu siswa kurang mampu memenuhi kebutuhan pribadi mereka untuk kegiatan belajar. Di antaranya berupa pakaian, tas, sepatu, biaya transportasi, biaya makan harian.

Maka di sini pihak ketiga sangat dibutuhkan partisipasinya membantu siswa yang kurang mampu tersebut. Hadirnya Wardah dan Minang Diaspora Network Global sangat kami apresiasi. Karena telah ikut membantu para siswa kurang mampu untuk mengikuti proses belajar di sekolah. Di mana pemerintah belum bisa berperan banyak di sini.

Dengan adanya bantuan dari Wardah dan Minang Diaspora Network Global, mereka bisa memenuhi kebutuhan untuk keperluan belajar mereka di sekolah. Sementara bagi mahasiswa yang kurang mampu, adanya bantuan ini bisa digunakan untuk keperluan pribadi mereka seperti untuk membayar uang kos, biaya transportasi, baju, buku, dan lainnya. Bantuan untuk mahasiswa ini diberikan hingga mereka tamat kuliah.

Semoga apa yang sudah dilakukan oleh Wardah bekerja sama dengan Minang Diaspora Network Global juga diikuti oleh pihak lain dan elemen masyarakat lainnya. Sehingga semakin banyak siswa kurang mampu di Sumbar yang terbantu. Karena bantuan yang seperti ini insya Allah bisa memutus mata rantai kemiskinan seseorang atau sebuah keluarga.  Apalagi siswa kurang mampu ini selain pintar juga berakhlak baik. Demikian juga dengan mahasiswa yang dibantu hingga tamat kuliah. Selain memiliki ijazah, juga kemampuan akademis dan pola pikir yang bisa digunakan untuk berusaha maupun bekerja. ***

Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar

Harian Singgalang 21 Maret 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>