«

»

SDM yang Ada Belum Semua Punya Kemampuan Memanfaatkan TI

20 Juli 2013

Padang – Gubernur Irwan Prayitno membuka secara resmi Bimtek Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, di Padang (19/7). Hadir dalam kesempatan itu Direktur Informasi dan Komunikasi Publik, Tulus Subarjono, kepala Biro Humas Irwan S.Sos, MM. serta utusan pejabat SKPD di lingkungan Pemprov dan Kota Padang sebanyak 150 orang.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan bimtek ini merupakan upaya peningkatan pengetahuan terhadap pengelolaan informasi dan dokumentasi pemerintah di Sumbar. Kita menyambut gembira dan begitu penting dalam peningkatan kemampuan pejabat pengelola informasi dan dokumen yang dapat diakses oleh masyarakat.

Dalam UU KIP menyatakan adanya hak masyarakat untuk mendapatkan informasi penyelenggaraan pembangunan dan kebijakan yang dibuat pemerintah. Menyikapi UU No 14/2013 tentang Keterbukaan Informasi Publik sehingga Bimtek ini juga terkendala dengan SDM aparat belum semua memiliki kemampuan dalam pemanfaatan TI.

Masih banyak aparat yang gaptek, gagap teknologi di kalangan PNS terutama yang berumur 50 th ke atas serta masih banyak persoalan yang terjadi, maka data 35 persen kondisi PPID kurang aktif dan produktif, tentunya dengan problem di lapangan tersebut.

Bimtek ini butuh kerja untuk mempelajari secara baik, agar bisa tercapai target. Peserta diharapkan mau kerja keras agar melakukan peningkatan kemampuan dan mengikuti acara ini sebaik-baiknya. Kepada Biro humas, sebagai PPID lebih proaktif melakukan koordinasi dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Peningkatan Biro Humas sebagai PPID melakukan pendataan. Yang perlu didorong pembentukan PPID pemkab/ko se-Sumatera Barat serta lembaga publik lainnya, juga mensosialisasikan budaya pelaksanaan tugas PPID secara baik, ajaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>