«

»

Safari Ramadhan di Agam, Gubernur Ajak Masyarakat Itikaf

20 Juli 2013

Agam – Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin Gubernur Irwan Prayitno melakukan kunjungan ke Masjid Raya Bayur Maninjau Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam (18/7).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Indra Catri, Kadis Pertanian Ir. Djoni, Kadis Kelautan Perikanan Ir. Yosmeri, Kadis Sosial Abdul Gafar, SE, MM, Kabiro Humas Irwan S.Sos, MM, Kabiro Binsos Eko Faisal, S.Kom, MM, beberapa kepala SKPD di linglkungan Pemkab Agam.

 

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Allah memberikan hidayah bagi hambanya yang menjalani ibadah malam hari ini, dan semua itu patut kita syukuri. Kita perlu melakukan evaluasi dalam menjalankan ibadah puasa. Data statistik dan BI meningkatnya inflasi, dengan harga yang meningkat, karena tinggi kebutuhan, berbelanja yang berlebihan. Ini disebabkan kita tidak mampu menahan diri bebelanja, sehingga ini banyak yang mubazir, pada hal kita berpuasa, ini koreksi yang pertama di bulan puasa harus mampu menahan hawa nafsu.

Jika masyarakat dapat menahan diri dan menjauhi sikap konsumtif tentu akan ikut serta membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi. Kemudian di bulan Ramadhan ini juga menurut data kepolisian terjadi pencurian dan konflik sosial sehingga stabilitas keamanan dan ketentraman juga terganggu.

Selain itu ternyata kebiasaan banyak tidur, malas dan lemah, itu sesuatu yang salah, karena justru Nabi mengajarkan di bulan puasa mesti melakukan kegiatan yang lebih baik lagi dibandingkan hari-hari biasa untuk mengejar amal dan hidayah serta rahmat Allah di bulan Ramadhan. Ini perlu juga kita koreksi karena bulan Ramadhan adalah bulan jihad, ujarnya

Di akhir penyampaian Gubernur Irwan Prayitno mengajak jamaah untuk itikaf di masjid di waktu 10 hari terakhir. Bulan Ramadhan kita tingkatkan taqwa kepada Allah SWT. Bertaqwa Allah beri mahroja (jalan keluar) kemuliaan,  dihapuskan kesalahan, kemudahan, keagungan sebagai balasan dari ketaqwaan. Taqwa menjadi bekal dalam kehidupan kita, tenang, selamat, tentram dunia dan akhirat.

Bupati Indra Catri menyampaikan, Gubernur Irwan Prayitno sering ke Agam. Lebih sepuluh kali ke kabupaten Agam yang saya ikuti, belum lagi kegiatan lain yang tidak sempat kami dampingi. Gubernur juga hadir di Agam juga melakukan ceramah, dan memberikan bantuan yang begitu banyak, begitu pedulinya kepada masyarakat Agam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>