«

»

Kehadiran Warga Tionghoa Dongkrak Ekonomi

7 April 2016

LOS PEMAKAMAN HBT PAYAKUMBUH DIRESMIKAN

Payakumbuh, Singgalang

Sebagai bentuk kebersamaan, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, resmikan pemakaian Los Ziarah Pemakaman atau dalam bahasa Tionghoa disebut Tjan Boen Seng.

Los itu berlokasi di samping Pakuburan Cino, Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Peresmiannya juga ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, kepada Singgalang, Rabu (6/4), mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih atas peresmian ini dan undangan yang diberikan oleh warga Payakumbuh yang tergabung pada Himpunan Bersatu Teguh (HBT) dan Himpunan Tjinta Teman (HTT).

“Kehadiran warga Tionghoadi kota ini telah memberikan kontibusi terhadap perkembangan ekonomi. Dan oleh karenanya, pemko akan memberikan perhatian dan perlakuan yang sama dengan warga lokal dalam artian tidak menomorduakan,” ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, menyebutkan, sebetulnya los pemakaman ini suatu hal biasa tapi yang luar biasa adalah sebagai tempat bernostalgia dengan sahabat-sahabat lama seperti Than Jung Seng Tokoh HBT dan Tokoh HTT Junaidi Perwata. “Los ini menjadikan satu kesatuan kedua  organisasi Tionghoa in,” ujar gubernur.

Di bagian lain, gubernur juga memberikan respon positif terhadap permohonan warga Payakumbuh yang disampaikan Tuoko HBT Andres dan Junaidi menyangkut pembangunan jalan menuju Tempat pemakaman Warga Tionghoa dan terus ke TPA Regional yang belum tuntas sampai saat ini. Dalam hal ini gubernur berjanji akan menuntaskan tahun 2016 ini juga. “Pembangunannya dengan dana APBD Provinsi sebesar Rp3,5 miliar, sementara pem bebasanlahan sudah dilakukan walikota Payakumbuh,” kata nya.

Terakhir Gubernur mengucapkan terima kasih pada warga Tionghoa yang telah berperan dan memberikan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat.

Sementara itu, tokoh Warga Tiongha Junaidi Perwata, saat memberikan sambutannya, menyebutkan los pemakaman ini dibangun untuk dapat digunakan untuk sembahyang. Dan diharapkan dengan diresmikan los ini agar dapat dimanfaatkan warga Payakumbuh dan luar Payakumbuh.

Hadir dalam kesempatan itu, selain gubernur tampak Kepala Biro Humas Irwan, Walikota Payakumbuh Riza Falepi beserta Ny. Heny Riza Falepi, Ny. Nevi Irwan Prayitno dari Forkopimda Kapolresta Payakum buh AKBP Yuliani, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Hery Sumitro, Toako Kehormatan HBT dari Jakarta Junaidi Perwata, HTT Than Jeng Seng, Toako HBT Pusat di Padang Andres Sofiandi, Pengurus HBT HTT Padang Panjang, Bukittinggi, Ketua Panitia peresmian Oei Tiat Tong yang juga Tuako HBT Payakumbuh, sejumlah pimpinan SKPD, Camat Payakumbuh Selatan Joni Prayuda, dan undangan lainnya. (207)

Singgalang, 7 April 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>