«

»

Tarik Wisatawan Mancanegara, Aktifkan Lagi Penerbangan Padang-Singapura

21 Februari 2017

Padang, Singgalang

 

Guna meningkatkan kunjungan wisata mancanegara, Sumbar harus aktifkan kembali rute penerbangan Padang-Singapura. Selain itu,  memperbanyak jumlah penerbangan Padang-Kuala Lumpur.

Langkah itu, menyikapi program nasional untuk mencapai target nasional 20 juta wisatawan mancanegera di Sumbar. Dengan itu, diharapkan wisatawan dari Singapura dan Malaysia dapat ditarik ke Sumbar.

“Secara nasional target wisatawan mancanegara itu mencapai 20 juta. Diperlukan langkah tertentu untuk mewujudkan target tersebut,” kata Gubernur Irwan Prayitno usai mengikuti rakor gubernur dengan Kementerian Pariwisata di Jakarta Senin (20/2), saat dihubungi dari Padang.

Dikatakannya, dalam menyusun paket stimulus program pencapaian target nasional 20 juta wisatawan mancanegara, diperlukan berbagai aksebilitas. Terutama aksesibilitas perhubungan darat, laut dan udara.

“Jadi target kita bagaimana destinasi yang kita miliki itu dapat diakses wisatawan. Kalau kita sudah promosi besar-besaran, jika tidak ada akses orang juga tidak bisa berkunjung,” ungkapnya.

Sebelumnya, penerbangan langsung Padang-Singapura sempat dilayani Mandala. Maskapai tersebut mengoperasikan penerbangan pada akhir 2011. Namun karena tidak seimbangnya penumpang dari Singapura ke Padang, dibanding dari Padang ke Singapura, jalur tersebut terpaksa dihentikan pihak Mandala.

Sempat ada minat dari Garuda melayani rute ini, namun Garuda justru meminta jaminan dari pemerintah daerah agar penumpang tetap ada. Bahkan, subsidi terhadap bangku kosong. Hal ini menjadi halangan, rute itu masih tidak ada.

Dikatakannya, Sumbar berhasil meraih tiga penghargaan The World Halal Tourism Award 2016. Pihaknya pun kini semakin menggencarkan wisata halal tersebut.

Namun, Irwan mengakui masih ada permasalahan dalam meningkatkan wisata halal. Salah satunya yakni anggaran untuk melakukan sertifikasi halal untuk menunjang program kuliner halal.

Kini, pihaknya mengupayakan mendorong para pengusaha dalam melakukan sertifikasi halal. Irwan juga mengatakan akan melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat dalam mengembangkan wisata halal di Sumatra Barat.

Selain itu, Sumbar kini tengah menggencarkan perbaikan infrastruktur di setiap tempat wisata. Hal tersebut sekaligus melanjutkan tiga penghargaan yang telah diterima dalam The World Halal Tourism Award 2016.

Perbaikan itu akan diutamakan pada tempat wisata yang banyak dikunjungi pelancong baik dalam maupun luar negeri.
 
Singgalang, 21 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>