«

»

Sumbar Jajaki Alternatif Atasi Kemacetan Lintas Sumatra

4 Juli 2017

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Pemerintah provinsi dan kabupaten di Sumatra Barat menjajaki alternatif baru mengatasi macet jalan lintas Sumatera Padang – Pekanbaru di Koto Baru, Tanahdatar dan Lembah Anai yang berbatasan dengan Kabupaten Padang Pariaman. “Alternatif itu membangun tempat parkir di Lembah Anai dan pengaturan jalan satu arah di Kotobaru,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Selasa (4/7).

Menurutnya untuk Lembah Anai, kemacetan terjadi karena banyak kendaraan wisatawan yang parkir di badan jalan. Karena itu tempat parkir diharapkan bisa mengurai kemacetan pada titik tersebut.

Alternatif itu menurutnya sudah dibicarakan dengan Pemkab Tanahdatar dan bupati telah bersedia untuk membangun rest areadan tempat parkir di sekitar tempat wisata itu. Lahan yang digunakan bisa dari Tanahdatar
Nanti, dari tempat parkir disediakan kendaraan khusus bagi wisatawan yang ingin menuju air terjun atau tempat wisata lain. Sementara untuk Kotobaru, Tanahdatar, kemacetan disebabkan pasar tumpah pada hari Senin. Mengatasinya dijajaki kemungkinan penetapan jalur satu arah pada jalan utama.

Misalnya arus dari Bukittinggi menuju Padang menggunakan jalan utama satu arah. Sementara dari Padang menuju Bukittinggi menggunakan jalur alternatif, melingkar menghindari pasar Kotobaru melalui Pandaisikat.

Wacana pembangunan jalan tol dari Padang menuju Pekanbaru dinilai juga bisa menjadi alternatif mengatasi kemacetan. Demikian juga reaktivasi kereta api Padang-Payakumbuh yang sedang dalam proses. Irwan berharap alternatif yang ada itu bisa mengatasi kemacetan di Sumbar, termasuk saat mudik lebaran.

www.republika.co.id, 4 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>