«

»

Semen Padang Dirikan Gallery Balanjo Oleh-oleh Khas Sumbar

25 September 2017

 

Gubernur Irwan Prayitno bersama Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementrian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, Direktur Produksi Semen Indonesia Benny Wendry dan Direktur Keuangan PTSP, Tri Hartono Rianto, Minggu (24/9)

Guna mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumbar, PT Semen Padang mendirikan Gallery Balanjo Oleholeh Khas Sumbar. Dengan Gallery Balanjo diharapkan ke depan produk UMKM punya pasar pasti produk.

“Kita punya program corporate social responsibility (CSR) dengan nama paduli nagari. Ini salah satu implementasi pilar nya. Selain membantu permodalan, kita bantu pemasarannya,” sebut Direktur Keuangan PT Semen Padang, Tri Hartono Rianto pada peresmian Gallery Balanjo Oleh-oleh  Khas Sumbar, Minggu (24/9) di Jalan Pemuda, Padang.

Gallery ini didirikan menggunakan aset PT Semen Padang di Jalan Pemuda, depan Plaza Andalas Padang. Pengelolaannya menggunakan sistem konsinyasi antara UMKM mitra binaan PT Semen Padang. Sistemnya, UMKM akan menempatkan produknya di galerry, kemudian barang dibayar setelah pasokan kedua masuk, begitu selanjutnya.“Target kita bagaimana UMKM yang sudah kita bina itu tetap eksis, tidak terkendala dengan pasar,” ulasnya.

Hadirnya galerry tersebut diharapkan mendapat kan manfaat timbal balik. Bagi UMKM sebagai sarana penjualan yang efektif karena lokasi galeri yang strategis. Kemudian, dikelola oleh PT Semen Padang sekaligus sebagai BUMN pembina yang telah mempunyai jaringan secara nasional. Model usahanya, gallery dikelola oleh Koperasi Pensiuan Semen Padang (Kopensepa). Kopensepa telah berpengalaman dalam mengelola usaha. Selain itu, mempunyai program yang juga untuk pengem bangan UMKM.

Dengan menggunakan sistem konsinyasi, pembayaran dilakukan sesuai dengan jumlah produk yang berhasil dijual. “Saat ini baru satu gallery. Jika langkah awal ini sukses, maka akan dikembangkan dengan galerry berikutnya di lokasi lain,” tambahnya.

Saat ini gallery sudah menampung 30 UKM dengan bertambah gallery, juga akan menambah banyak UKM yang tertampung. Target pasar, selain konsumen lainnya, PT Semen Padang selaku pembina juga sekaligus menjadi pelanggan dan pasar potensial gallery.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementrian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan, langkah Semen Padang mendirikan Galerry Balanjo sudah menjalakan fungsi BUMN hadir untuk negeri. Benar-benar berbuat untuk masyarakat. “Ini nyata dapat meningkatkan pemasaran hasil usaha UMKM dan ini perlu ditingkatkan. Jangan hanya 30, kasihan yang lain,” sebutnya.

Hal yang sama disampaikan Gubernur Irwan Prayitno. Kebijakan PT Semen Padang dalam menyediakan wadah pemasaran bagi UMKM benar-benar membantu masyarakat sehingga masyarakat tidak kesulitan lagi dalam memasarkan produknya. “Kita sangat berterima kasih dengan perhatian Semen Padang, kita sangat dukung. Kita harapkan jumlahnya makin banyak, tidak hanya di Kota Padang,” sebutnya.

 

Singgalang, 25 September 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>