«

»

Pemprov Tawarkan Energi Terbarukan ke Dua Negara: Saat Gelar Potensi dan Temu Usaha di Kota Batam.

10 November 2017

Batam, Padek—Pemprov Sumbar menawarkan potensi ekonomi terbarukan pada investor Singapura, Malaysia, Batam dan Surabaya saat gelar potensi dan temu usaha Sumbar 2017 di hotel Harris Batam, Kamis (9/11).Diharapkan dengan diliriknya potensi energi terbarukan tersebut dapat membuka lapangan kerja dan memajukan ekonomi daerah.

“ Ini merupakan peluang besar bagi Sumbar dalam mengembangkan usaha. Saya minta kepada bupati dan wali kota jangan mempersulit izin agar investor mudah masuk,” ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, kemarin.

Saat ini, sumbar sedang menggalakkan sektor pariwisata dan energi terbarukan. Alasannya, energi terbarukan menjadi salah satu unggulan, karena Sumbar kaya dengan potensi alam yang bisa dikembangkan.

Sekitar 50 persen wilayah Sumbar masih hutan. Kemudian adanya gunung berapi, danau, sungai serta potensi kelautan lainnya. Anggaran dari pemerintah tidak mencukupi. Jadi, mencari investor adalah jalan keluarnya.

Sumbar sudah mencari investor bukan hanya dalam negeri saja, bahkan sudah ke luar negeri. Seperti Australia, Jerman, Belgia dan Swiss.“Kami akan memberikan pelayanan yang prima bagi investor yang datang ke Sumbar,” tukasnya.

Irwan uga menyebutkan, akan ada rencana kesepakatan antara Pemprov Sumbar dengan Kota Batam, yakni di sektor ketahanan pangan dan pariwisata. Kerja sama sektor ketahanan pangan, beras dan sayur akan dikirim dari Sumbar ke Batam.

Kemudian pada sector pariwisata, Batam yang dikunjungi oleh pengunjung dalam setahun sekitar 2 juta orang,  akan ikut mempromosikan wisata Sumbar kepada pengunjung.

“ Untuk mempercepat rencana kesepakatan tersebut, maka akan di tindaklanjuti 2 minggu ke depan di antara kedua belah pihak,” ucapnya.

Kepala Dinas Penanaman modal dan PTSP Sumbar Maswar Dedi menambahkan, dalam temu bisnis itu hadir 50 calon investor dari Malaysia, Singapura, Surabaya dan Batam.

Promosi produk unggulan kepada calon investor dilakukan agar investor mau berinvestasi ke Sumbar. Kegiatan itu dilakukan juga untuk membantu kabupaten/ kota untuk mencarikan investor.

Dari 19 kabupaten/kota, ada 4 daerah yang menyampaikan potensi daerah masing masing, yakni Padangpariaman, Pasaman Barat (Pasbar), Sijunjung dan Sawahlunto,

“Ini dapat membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian Sumbar,” ucapnya.

Padang, Ekspres, 10 November 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>