«

»

Sumbar Promosi di Batam, Jangan Persulit Investor

10 November 2017

Padang – Singgalang

Kapala daerah kota/ kabupaten diminta tidak mempersulit perizinan saat ada investor yang ingin menanamkan modal di sektor pariwisata dan energi terbarukan di Sumbar.

Pemprov Sumbar memang sedang fokus untuk mengembangkan pariwisata dan energi terbarukan.

Hal itu disampaikan gubernur di hadapan calon investor, para kepala daerah kota/kabupaten di Sumbar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait pada gelar potensi dan temu usaha Sumbar di Hotel Harris, Batam, Kamis (9/11).

“Pertemuan ini berpotensi menghadirkan peluang besar pengembangan usaha di Sumbar. Bupati dan walikota jangan sampai mempersulit izin,” katanya.

Selain sektor pariwisata yang memang telah digiatkan dalam beberapa tahun terakhir, gubernur menerangkan bahwa sector energi terbarukan pun menjadi salah satu unggulan.

Sebab, Sumbar memiliki kekayaan alam yang amat menjanjikan. Buktinya, 50 persen wilayah Sumbar masih terdiri dari hutan, gunung berapi aktif, danau, sungai, dan potensi bahari.

“Potensi itu memang belum didukung dengan anggaran yang mencukupi dari pemerintah. Sehingga, mengajak investor adalah salah satu jalan keluar yang mesti ditempuh,” tambahnya.

Tidak saja mencari investor dari dalam negeri, Irwan menyebutkan pihaknya  juga telah berusaha menjajal kemungkinan menarik investor dari luar negeri melalui kunjungan ke beberapa negara semacam Australia, Jerman,Belgia, dan Swiss. “Kami akan berupaya memberikan pelayanan yang prima bagi calon investor yang berminat masuk ke Sumbar,” pungkasnya.

Di samping itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Sumbar Maswar Dedi menerangkan, melalui gelar potensi dan temu usaha di Sumbar, dilakukan promosi produk unggulan kepada calon investor di Batam dan menjembatani kabupaten/kota dengan calon investor tersebut.

“Jumlah investor yang  hadir dalam kegiatan ini 50 orang. Ada yang dari Malaysia, Singapura, Surabaya, dan Batam. Kepada mereka kami terangkan potensi unggulan Sumbar di sektor pariwisata dan energi terbarukan,” katanya.

Dalam gelar potensi ini, lanjut Maswar, setiap perwakilan menyiapkan kabupaten/ kota di Sumbar ikut menyampaikan potensi daerah masing-masing. Di antara daerah yang mempersentasikan antara lain Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung, dan Kota Sawahlunto.

Sesudah kegiatan gelar potensi dan temu usaha Sumbar tersebut, gubernur juga menghadiri telewicara di Batam TV bersama Sekda Kota Batam. Dalam telewicara tersebut, pembahasan fokus pada sector pariwisata dan ketahanan pangan.

“Batam dalam setahun dikunjungi hingga 2 juta wisatawan. Peluang itu dapat  digunakan untuk mempromosikan pariwisata Sumbar kepada wisatawan yang berkunjung ke Batam,” jelas gubernur

 

Singgalang, 10 November 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>