«

»

Lebaran dan Pariwisata Sumbar

13 Juni 2018

Pemprov Sumbar bersama pemkab/kota saat ini sedang gencar-gencarnya menggerakkan dan menata sektor pariwisata, termasuk destinasi wisata potensial sebagai bagian dari pembangunan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang ingin memajukan pariwisata di Indonesia.

Sumbar telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat berupa Destinasi Wisata Halal Terbaik, Destinasi Kuliner Halal Terbaik, keduanya diberikan tahun 2016 oleh Kementerian Pariwisata RI.

Di samping itu, dalam ajang tingkat dunia The World Halal Tourism Award 2016, Sumbar juga mendapat apresiasi sebagai World’s Best Halal Destination dan World’s Best Halal Culinary Destination.

Dalam survei Indeks Pariwisata Muslim Global (Global Muslim Travel Index, GMTI) yang dikeluarkan pada 2018 dan meliputi 130 negara di dunia, Indonesia berada di urutan ke-2. Tentunya hal ini sangat membanggakan dan memotivasi kami di daerah untuk turut berperan aktif memajukan sektor pariwisata. Alhamdulillah sektor pariwisata masuk dalam RPJMD Sumbar dan dibentuk sebuah gerakan yang terus menerus memikirkan dan berkontribusi terhadap kemajuan pariwisata Sumbar.

Dengan gencarnya pemprov bersama pemkab/kota mengembangkan destinasi wisata potensial, kami mendapat berbagai testimoni dari wisatawan yang mengunjungi Sumbar bahwa Sumbar memiliki alam yang indah dan sangat layak untuk dikunjungi. Termasuk juga testimoni tentang kuliner yang sangat lezat dan sudah dikenal luas oleh orang Indonesia serta masyarakat global, seperti terkenalnya rendang di dunia dan sempat menjadi makanan terlezat di dunia versi CNN Travel.

Adat dan budaya juga sudah menjadi daya tarik bagi wisatawan selain daya tarik alam di Sumbar, baik danau, laut, gunung, bukit, lembah, sungai, air terjun dan lainnya.

Di momentum lebaran, para perantau banyak berdatangan, semakin menambah semaraknya lebaran di Sumbar. Dan bisa dipastikan mereka pun selain ke kampung halamannya juga mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di Sumbar. Hal ini berdampak positif bagi masyarakat yang ada di sekitar destinasi wisata yang menjajakan dagangannya atau pun jasanya kepada wisatawan yang datang.

Dengan demikian, untuk memberikan kenyamanan kepada perantau maupun masyarakat dan wisatawan, kami berusaha maksimal mewujudkan hal tersebut. Di antaranya bekerjasama dengan kepolisian untuk memberikan rasa aman dan juga mengatur lalu lintas yang cenderung padat agar tetap bisa berjalan baik dan lancar.

Di samping itu kami telah mengimbau kepada pemilik/pengelola restoran/rumah makan untuk menginformasikan harga dagangannya, agar diketahui konsumen sehingga konsumen nyaman dan tidak terbohongi dalam berwisata kuliner. Alhamdulillah, semakin banyak pelaku usaha yang telah memasang daftar harga dagangannya. Kami apresiasi hal ini.

Selain itu kami memberikan apresiasi kepada pemkab/kota yang telah menata parkir di destinasi wisata dengan pendekatan persuasif. Mudah-mudahan pengunjung bisa semakin menikmati kegiatan wisatanya. Harapannya, para wisatawan termasuk perantau yang datang ke destinasi wisata tersebut ketika balik ke kampungnya bersemangat menceritakan kunjungan mereka.

Harapan kami, insya Allah pada lebaran tahun ini, dengan kebersamaan yang telah dibangun antara pemprov, pemkab/pemko serta masyarakat dan dukungan dari pemerintah pusat dalam mengembangkan sektor pariwisata, kondisi akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Insya Allah, jika kita semua mampu menciptakan kondisi yang baik di berbagai destinasi wisata, maka kesejahteraan pun akan semakin meningkat. Karena itu merupakan wujud rasa syukur kita kepada Allah Swt. Seperti janji Allah Swt bahwa jika kita bersyukur akan ditambah nikmatNya kepada kita. Selamat menikmati lebaran dan liburan di Sumbar bagi perantau, wisatawan dan masyarakat. Semoga kita bisa saling menjaga dan menghargai satu sama lain. ***

Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar

Padang Ekspres, 13 Juni 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>