«

»

Senam Pagi di Acara BPJS

9 Agustus 2018

Pada 29 Juli 2018 lalu, di halaman Kantor Gubernur Sumbar, berlangsung acara senam yang mayoritas pesertanya diikuti oleh ibu-ibu. Jumlahnya saya perkirakan ratusan hingga ribuan. Senam ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT BPJS ke-50. Para peserta senam nampak antusias, gembira, ceria dan terlihat segar dan bugar.

Ini terlihat dari gerakan yang dilakukan para peserta senam, yang begitu aktif. Bahkan para peserta senam yang sudah berumur pun terlihat energik.  Dan jarang terlihat peserta yang memiliki berat badan berlebih. Yang banyak terlihat peserta dengan postur badan yang proporsional.

Dari cara mengikuti gerakan senam, terlihat bahwa para peserta senam ini sudah menjadikan senam sebagai kebiasaan mereka. Sehingga mereka pun hidup sehat. Acara ini diinisiasi oleh BPJS Sumbagteng-Jambi. Dan turut dihadiri oleh Deputi Direksi. Senam dilakukan serentak oleh Kantor BPJS se Indonesia, yang juga dilakukan dalam rangka menyambut Asian Games.

Bagi saya, BPJS mengadakan senam merupakan hal yang menarik. Secara tersirat, ada pesan yang ingin disampaikan. Yaitu mengajak masyarakat hidup sehat. Ini memang penting. Karena dengan hidup sehat, semakin sedikit masyarakat yang sakit dan berobat. Tentunya ini membantu BPJS yang selama ini  membayar klaim biaya berobat sangat besar dari rumah sakit dan instansi terkait. Terutama untuk biaya berobat pasien kanker, gagal ginjal, dan sejenisnya.

Saya mengapresiasi kegiatan BPJS ini. Apalagi jika senam tersebut bisa menjadi budaya rutin yang dilakukan masyarakat. Karena salah satu keistimewaan senam ini adalah adanya musik pengiring. Sehingga peserta tidak hanya melakukan gerakan yang dinamis, tetapi juga mendengarkan musik yang menyenangkan pikiran. Maka, dari senam tersebut, selain badan sehat, keceriaan pun terpancar.

Selain itu, senam yang dilakukan ini, mirip seperti sebuah komunitas. Sehingga di dalamnya ada perjumpaan antar anggota atau teman. Artinya, silaturahmi juga terjalin di sini. Tidak semata berolahraga.  Nabi Saw bersabda yang artinya, “Barangsiapa yang senang diluaskan rezekinya dan ditangguhkan kematiannya,  hendaklah ia menyambung silaturahmi”. (HR. Al Bukhari).

Maka, dari pelaksanaan senam ternyata banyak hal yang bisa didapat oleh peserta. Badan yang sehat, juga ceria mendengarkan musik, serta silaturahmi yang memanjangkan umur dan menambah rezeki.

Dengan senam rutin, seseorang akan semakin baik fungsi jantungnya, serta bisa menurunkan berat badan. Senam juga meningkatkan fungsi otak, serta mengurangi stress dan meningkatkan mood. Di samping itu, senam rutin akan menjauhkan seseorang dari penyakit, dan juga meningkatkan stamina. Senam juga akan meningkatkan kelenturan dan kebugaran.

Andaikan senam sudah menjadi bagian dari kebiasaan dan gaya hidup sehat masyarakat, maka bisa dirutinkan pelaksanaannya oleh seluruh lapisan masyarakat. Disamping itu, dengan gaya hidup sehat, masyarakat diharapkan juga rutin periksa kesehatan di kala sehat, termasuk mengendalikan berat badan. Karena berat badan akan menjadi salah satu sebab munculnya penyakit. Dan senam bisa menjadi pendorong pengendalian berat badan.

Dengan kesehatan yang baik, maka seluruh lapisan masyarakat akan meningkat produktivitasnya. Seorang pelajar akan bisa belajar dengan baik. Seorang petani akan bisa bekerja dengan baik. Seorang ibu rumah tangga akan bisa mengurus pekerjaan rumah tangga dengan baik. Semakin sehat, maka akan semakin banyak yang bisa dihasilkan, dikerjakan, atau dijadikan prestasi. Sebaliknya, ketika kondisi sakit, sulit untuk mendapat atau mencapai yang terbaik.

Maka untuk menjaga agar masyarakat tetap sehat, salah satu caranya harus rutin melakukan kegiatan seperti senam. Mudah dilaksanakan, menyenangkan karena ada musiknya dan ajang silaturahmi, serta menyehatkan.

Senam adalah merupakan bentuk rasa syukur atas dianugerahkanNya badan yang sehat kepada kita. Maka jika kita rajin bersyukur, Allah Swt akan tambah nikmatNya kepada kita, seperti yang difirmankan dalam Alquran surat Ibrahim ayat 7 yang artinya, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu”.***

Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar

Padang Ekspres, 9 Agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>