«

»

Sumbar Peduli Palu

4 Oktober 2018

Bencana gempa kembali terjadi di tanah air. Belum lama rasanya kita ikut merasakan penderitaan saudara kita di Lombok akibat gempa, tiba-tiba kita dikejutkan dengan gempa yang menimbulkan kerusakan parah di Palu dan Donggala yang diikuti tsunami. Di media sosial, ketika terjadi gempa di Lombok beredar video amatir yang merekam terjadinya gempa dan kerusakan yang ditimbulkannya.

Demikian pula ketika terjadi gempa di Palu dan Donggala, beredar video amatir di media sosial yang menayangkan detik-detik datangnya tsunami, dan tanah yang berjalan membawa apa saja yang di atasnya hanyut seperti aliran sungai. Sementara itu, di media resmi juga sudah muncul video yang memperlihatkan dari udara area yang dilanda tsunami dan gempa. Tayangan ini memperlihatkan betapa kekuasaan Allah Swt tidak bisa kita lawan. Kita mesti terima sebagai sebuah takdir yang telah diputuskanNya. Yang bisa kita lakukan adalah mengevaluasi dan mengantisipasi jika bencana terjadi. Namun di sisi lain, menyikapi kondisi saudara kita yang terkena dampak gempa dan tsunami, dituntut kepedulian kita untuk membantu meringankan beban mereka

Untuk itu, sebagai wujud kepedulian sesama Pemprov Sumbar telah menganggarkan dana untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya. Sebelumnya, Pemprov Sumbar juga telah menganggarkan dana untuk membantu korban gempa Lombok. OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemprov Sumbar juga ikut berpartisipasi dalam aksi sosial ini.

Selain itu, kami juga tengah mengumpulkan 1 ton rendang untuk diberikan kepada korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Baik yang berasal dari OPD di lingkungan Pemprov Sumbar dan juga masyarakat.

Sebelumnya kami sudah melakukan upaya serupa, yaitu 1 ton rendang untuk Aceh, dan 1 ton rendang untuk Lombok/NTB. Dan kini 1 ton rendang akan kami kirimkan kepada saudara-saudara kami di Palu, Donggala dan sekitarnya yang terkena dampak gempa.

Jika kita kembali melihat bagaimana gempa 2009 terjadi di Sumbar, betapa setiap bantuan yang datang begitu berharga di tengah kondisi sulit. Sedikit demi sedikit bantuan datang, akhirnya banyak yang terbantu. Ada bantuan yang datang dari pemerintah melalui APBN/APBD, dan ada juga yang melalui swasta maupun asing. Dan kini, kondisi Sumbar tidak terlihat lagi bangunan yang rusak akibat gempa 2009.

Wilayah di Indonesia memang banyak yang merupakan daerah rawan gempa. Oleh karena itu, kita juga harus semakin siap jika suatu saat gempa terjadi. Di samping itu, kita juga harus melatih diri untuk semakin peduli dengan saudara-saudara kita di wilayah lain yang terkena bencana. Karena pada dasarnya bantuan yang kita berikan kepada saudara-saudara kita itu akan kembali lagi kepada kita.

Kita mesti mensyukuri apa yang ada pada hari ini di mana tanda-tanda bekas terjadi gempa besar tidak ada lagi terlihat. Sumbar sudah pulih, dan itu sebagiannya karena adanya bantuan yang datang kepada kita di kala kondisi sulit waktu itu.

Maka, ketika kita sudah keluar dari kondisi pascagempa, saatnya kita juga turut peduli kepada saudara-saudara kita di wilayah lain. Kita bantu mereka dengan kemampuan yang ada pada kita.

Datangnya gempa, kita memang tidak tahu kapan waktu pastinya. Oleh karena itu, sebagai umat beragama kita mesti menyikapi takdir yang terjadi dengan tetap berbaik sangka kepada Allah Swt. Sebaliknya, kita juga bisa menghindarkan diri dari datangnya musibah atau bencana dengan bersedekah. Rasulullah Saw bersabda yang artinya, “Bersegeralah sedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah”. (HR. Imam Baihaqi).

Tak lupa, saya mengapresiasi seluruh elemen masyarakat di Sumbar yang selama ini sudah memberikan sumbangannya untuk saudara-saudara kita yang terkena bencana. Baik dari pemda, instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat. Semoga kepedulian kepada sesama ini bisa menjadi karakter yang terus melekat pada diri kita, maupun keluarga dan masyarakat.

Dan untuk mereka yang terkena bencana, marilah kita doakan agar mereka kuat dan sabar dalam menghadapinya. Serta diberikan pertolongan oleh Allah Swt untuk segera pulih kembali kehidupannya. Amin.

Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar

Padang Ekspres, 4 Oktober 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>