«

»

Investasi Lagi

3 Januari 2019

Pada 20 Desember 2018 lalu saya meresmikan beroperasinya RS Hermina di Kota Padang. Saya mengapresiasi langkah RS Hermina yang membuka jaringannya di Kota Padang. RS Hermina merupakan jaringan rumah sakit nasional yang berpusat di Jakarta. Dengan manajemen yang berpengalaman dan kualitas layanan yang baik, hadirnya RS Hermina semakin memperbanyak jumlah unit layanan kesehatan di Kota Padang dan Sumbar. Dan sekaligus meningkatkan partisipasi pembangunan kesehatan di Sumbar.

RS Hermina berdiri atas inisiatif Ibu Hermina Sulaiman. Awalnya adalah Rumah Bersalin Djatinegara yang berdiri pada 1967 dengan tujuh tempat tidur. Pada 1970 mengembangkan fasilitas dan layanan serta mengubah nama menjadi Rumah Bersalin Hermina. Pada 1985 berubah menjadi Rumah Sakit Bersalin Hermina didorong keinginan mengembangkan layanan. Pada 1991 berubah lagi menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina. Dan pada 1996 mulai mengembangkan cabang, sedikitnya hingga saat ini sudah ada 31 cabang di Indonesia. RS Hermina yang sudah banyak berdiri ini dikelola oleh Hermina Hospital Group.

RS Hermina Padang untuk saat ini menyediakan 55 tempat tidur dan akan ditambah hingga 200 tempat tidur, berstandar internasional, memiliki 60 dokter dengan berbagai spesialisasi, dan melayani BPJS. Selain itu, pembangunan RS Hermina menelan dana investasi sebesar 60 miliar rupiah. Untuk itu, saya mengapresiasi Hermina Hospital Group yang telah berinvestasi di Sumbar, dalam hal ini Kota Padang. Dan lebih 60 % karyawan RS Hermina berasal dari Kota Padang dan sekitarnya. Sehingga turut berperan dalam menyerap tenaga kerja lokal. Dan mudah-mudahan akan ada lagi investor yang berinvestasi di bidang kesehatan. Hal ini turut mendorong bertambahnya fasilitas kesehatan, baik bagi masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Sumbar.

Alhamdulillah, satu persatu investor datang untuk menginvestasikan dananya di Sumbar. Selain RS Hermina yang baru saja diresmikan, bersamaan dengan penutupan Tour de Singkarak 2018 lalu di Kota Pariaman oleh Menteri Pariwisata juga diresmikan sebuah hotel baru.

Selain itu, masih ada investor yang tengah mencari tempat untuk pembangunan hotel di Pesisir Selatan, Payakumbuh, dan juga Pariaman. Salah satu investor yang insya Allah akan berinvestasi di Sumbar adalah seorang pengusaha real estate yang saat ini menjadi Menteri Perdagangan, yaitu Bapak Enggartiasto Lukita.

Investasi yang saat ini banyak masuk di antaranya investasi di bidang pariwisata (hotel dan restoran), jasa (termasuk rumah sakit), perdagangan, perikanan, dan energi hijau (terbarukan).

Khusus untuk perdagangan, terbuka peluang bagi investor untuk mendorong industri randang tumbuh di Sumbar. Karena peluangnya terbuka lebar dan memiliki prospek yang baik. Randang sudah dikenal di dunia dan juga makin dikenal di Indonesia. Terbuka peluang untuk ekspor maupun diperdagangkan di dalam negeri.

Datangnya para investor ke Sumbar menunjukkan bahwa Pemprov Sumbar yang didukung oleh Pemkab/kota ramah investor. Karena mesti diakui, dengan adanya investasi di Sumbar turut berperan dalam pembukaan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan, dan pengurangan kemiskinan.

Investasi adalah salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi, selain ekspor, konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah. Maka tak bosannya kami mencari investor, baik ke luar negeri maupun dalam negeri, tak lain karena investasi memiliki peran yang positif dalam peningkatan kesejahteraan, pengurangan kemiskinan, dan pengurangan pengangguran.

Oleh karena itu, dengan masuknya investasi ke Sumbar satu persatu, perlu dukungan seluruh elemen masyarakat. Sehingga investor nyaman berinvestasi di sini. Masuknya investasi di Sumbar berarti masuknya uang ke Sumbar. Semakin banyak uang beredar di Sumbar akan semakin menggerakkan ekonomi.

Mengakhiri tulisan ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyambut datangnya 2019 dengan penuh optimis. Seraya tak lupa merendahkan hati, berdoa kepada Allah Swt agar negeri kita diselamatkan dan dijauhkan dari bencana. Semoga di tahun ini kehidupan ekonomi masyarakat semakin baik dibanding tahun lalu. Amin. ***

Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar

Singgalang, 03 Januari 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>