«

»

Pekarangan Gubernuran Sumbar “Disulap” Jadi Kebun Binatang

21 Juni 2012

Padang, 21/6 (ANTARA) – Pekarangan rumah dinas gubernur Sumatera Barat yang luasnya sekitar setengah hektare akan “disulap` menjadi kebun binatang khusus rusa yang ditandai dengan pelepasan tiga ekor jenis tutul.
Pelepasan tiga ekor rusa yang berasal dari Kebun Binatang Kandi Kota Sawahlunto itu dilakukan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang didampingi Kepala Dinas Peternakan Edwardi, Kamis.
Kini jumlah rusa di samping rumah dinas orang nomor satu di Sumbar itu, ada empat ekor karena sebelumnya sudah ada satu ekor dipelihara di sana.
Selain itu, pekarangan di belakang kediaman resmi gubernur itu, juga ada sebanyak 10 ekor ayam kukuak balenggek (bertingkat).
Kemudian terdapat pula berbagai usaha produktif lainnya, seperti kolam ikan lele dengan menerapkan pola plastik terpal, serta ada kebun buah naga.
“Saya memang merencanakan halaman samping gubernuran sebagai kebun binatang khusus rusa. Lokasi ini kita buka untuk umum, masyarakat dapat berwisata kemari melihat dari dekat hewan-hewan yang dipelihara,” turur gubernur.
Rencananya rusa yang akan dipelihara sebanyak 10 ekor. Masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi.
Rusa yang dipelihara jenis rusa tutul betina satu ekor dan tiga ekor rusa jenis timor masing-masing dua ekor jantan dan satu betina. Rusa merupakan hewan yang dilindungi, sehingga penangkarannya membutuhkan perizinan tertentu.
Dalam waktu dekat, rencananya akan didatangkan lima ekor rusa jenis sambar dari Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar. Untuk perawatan dan pemeliharaannya, Irwan menyerahkan kepada petugas khusus dan masalah kesehatan hewan ditangani langsung Dinas Peternakan Sumbar.
“Tempat rekreasi kan tidak mesti panorama alam. Beberapa waktu lalu usai gempa 2009, lokasi bencana menjadi salah satu tempat tujuan wisata,” ujarnya.
Selain itu, di Padang belum ada kebun binatang, maka kawasan gubernuran Sumbar ini dapat jadi pilihan, masyarakat tidak harus jauh-jauh.
Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Edwardi menambahkan, rusa termasuk jenis hewan yang mudah berkembang biak sehingga populasinya cepat bertambah.
Menurut dia, bila saat ini dilepas sebanyak 10 ekor, maka dalam waktu setahun sampai dua tahun jumlahnya akan bertambah, sehingga lahan yang ada akan penuh dengan rusa.
(T.KR-SA/B/A023/A023) 21-06-2012 22:42:54 NNNN

iyaa.com 21 Juni 2012

1 comment

No ping yet

  1. syafkitaro says:

    Rusa termasuk hewan yg lucu dan menarik, bagusnya digabung dengan ayam kalkun, maka semakin menarik jadinya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>