«

»

Gubernur Targetkan Kurangi Kemiskinan 1400 KK di Pesisir Pertahun

15 Juli 2013

Kita memiliki target pertahun untuk mengurangi angka kemiskinan masyarakat pesisir 1.400 KK pertahun.

Padang – Gubernur Irwan Prayitno lakukan penyerahan bantuan Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (GPEMP) Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Sumatera Barat tahun 2013, di Masjid Nurul Yakin Muhammadiyah Pasar Laban Bungus Selatan (14/7).  Hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota DPR RI Hermanto, Wawako Padang Mahyeldi, Kadis DKP Sumbar Ir. Yosmeri, dan beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemko Padang.

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikan, di Sumatera Barat saat ini ada. 5.680 KK miskin, sementara Kota Padang ada 1.900 KK, kita melakukan upaya penuntasan angka kemiskinan dengan Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (GPEMP) di 7 Kab/Ko se-Sumatera Barat yang juga mendapat dukungan dari Kementrian Kelautan Perikanan RI melalui APBN.

Kita memiliki target pertahun untuk mengurangi angka kemiskinan masyarakat pesisir 1.400 KK pertahun, dengan melakukan pemberian bantuan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui bantuan modal dan alat tangkap bagi nelayan dan masyarakat miskin.
Bantuan ini berupa stimulus, sebagai rangsangan untuk memotivasi masyarakat supaya peningkatan kesejahteraan hidupnya dapat lebih baik dari miskin menjadi sejahtera. Program ini juga kita padukan dengan juga memperhatikan sektor pendidikan, kesehatan, dan manajemen penataan ekonomi masyarakat.

Kita menyadari apabila masyarakat pesisir memiliki SDM yang tinggi tentu akan mampu mengelola potensi laut di Sumatera Barat yang luar biasa.Tuna-tuna dan ikan-ikan yang lainnya tentu akan dapat kita dapat untuk diekspor sehingga juga dapat meningkatkan pendapatan para nelayan, ajaknya.

Irwan Prayitno juga menghimbau, agar bantuan ini dapat dimanfaatkan secara baik untuk mampu mengembangkan diri setelah menerima bantuan dengan baik, pakai dan pelihara dengan baik. Lakukan kerja dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya mampu mengubah kebaikan hidup.

Jika bantuan ini tidak dimanfaatkan tentunya tidak akan membawa perubahan kebaikan peningkatan kesejahteraan hidup. Kebaikan hidup itu tergantung diri masyarakat itu sendiri, robah diri dengan kegiatan yang membawa keberhasilan dengan kerja sunggiuh-sungguh ujarnya.

Penyerahan bantuan GPEMP  untuk  Kota Padang di tiga kecamatan yang berada di pesisir pantai  yang menerima bantuan ini, yaitu Kecamatan Bungus, Padang Barat, dan Padang Utara. Ada 36 longtel, biskop 1 ton, mesin tempel 2 buah, kapal kayu 4 buah, masing-masing kelompok Rp 100 juta, dan 8 kelompok untuk budidaya perikanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>