«

»

Akhiri Masa Kampanye, Irwan Prayitno Salami Masyarakat Kuranji-Pauh

5 Desember 2015

SABTU (5/12/2015), akhir masa kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2015. Tiga hari kedepan merupakan minggu tenang, dimana masing-masing kandidat dan timsesnya diharamkan untuk melakukan kampanye dalam bentuk apa pun. Pada tanggal 9 Desember 2015, pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) dilaksanakan, dimana rakyat Sumatera Barat akan datang berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing untuk memberikan hak suara mereka, menentukan pemimpin yang tepat memimpin Sumatera Barat lima tahun yang akan datang.

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. An-Nisa ayat 58). “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS. Al Anfal: 27).

Mengakhiri masa kampanye pada Pemilukada kali ini, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc., Datuk Rajo Bandaro Basa melakukan kampanye keliling, dari kampung ke kampung, dari pasar ke pasar, dari warung ke warung. Kampanye keliling itu dilakukan di kampung halamannya, Kecamatan Kuranji dan Kecamatan Pauh. Di dua kecamatan yang memiliki akar histori yang sama, sehingga rakyatnya tidak bisa dipisahkan satu sama lain, terdapat tiga Nagari, yaitu Nagari Pauh IX, Nagari Pauh V, dan Nagari Limau Manih. Rakyat pada ketiga Nagari tersebut dikunjungi Irwan Prayitno.

Kebiasaan Irwan Prayitno menyalami orang kampungnya, sebelum pelaksanaan pemilihan, sudah dia lakukan sejak maju sebagai calon Gubernur Sumatera Barat pada Pemilukada 2005 dan 2010. Pada Pemilukada tahun ini, hal yang sama kembali dia lakukan. Kepada penulis Irwan Prayitno mengatakan, sebagai seorang Anak Nagari Pauh Basa Ampek Baleh, sudah semestinya dirinya meminta do’a restu dan dukungan kepada orang kampungnya, sebelum pemilihan dilaksanakan.

Bagi Irwan Prayitno, do’a restu dan dukungan orang kampungnya merupakan berkah tersendiri dalam menghadapi Pemilukada ini. Tanpa dukungan orang kampungnya, mustahil dirinya akan melenggang dengan manis untuk menuju kursi Gubernur Sumatera Barat. Sehingga doa restu dan dukungan orang kampungnya tersebut mutlak diperlukan. Makanya, Irwan Prayitno dalam setiap Pemilukada selalu meminta do’a restu dan dukungan orang kampungnya tersebut.

Rute pertama yang dilalui Irwan Prayitno dalam menyalami orang kampungnya adalah Adzkia, Bypass, Ketaping, Anduring, Sarang Gagak, Lubuk Lintah, Kampung Kalawi, Kalumbuk, Pilakut, Balai Baru, Gunung Sarik, Sungai Sapih dan kembali ke Adzkia pada siang harinya via Bypass. Rute kedua melewati Kampung Kalawi, Kampung Jambak, Bypass Jalan Tunggang, Simpang Koto Tingga, Pasar Baru, Simpang Malintang, Simpang Piai, Sungai Balang, Bandar Buat, Limau Manis, Kapalo Koto, Batu Busuk, Simpang Kuranji, Belimbing, Kampung Banjung, Gunung Sarik, Lubuk Gajah, Lubuk Minturun, dan kembali via Bypass ke Adzkia.

Irwan Prayitno menemui masyarakat di pasar-pasar dadakan di sepanjang jalan yang dilewati. Menyalami mereka, bercengkerama dengan mereka. Irwan Prayitno pun menyempatkan diri singgah di warung-warung, bahkan sempat pula ngopi bareng warga dan pemuda. Masyarakat pun berebutan bersalaman dengan Irwan Prayitno dan minta foto bareng. Ada pula di antara ibu-ibu yang memeluk Irwan Prayitno karena seangkatan dengan anaknya. Dengan tulus, ibu-ibu tersebut mendo’akan dan memberikan restunya agar Irwan Prayitno terpilih kembali.

“Alhamdulillah, sambutan masyarakat sangat mengembirakan kami. Mereka memberikan do’a restu dan dukungannya kepada kami. Bahkan ada yang mengaku diiming-imingi beras oleh pihak tertentu, tetapi mereka tetap menyatakan akan memilih kami. Sungguh luar biasa, rasa sekampung se nagari di Pauh-Kuranji ternyata masih sangat tinggi dalam mendukung kami selaku Anak Nagari mereka maju pada Pemilukada kali ini,” ungkap Irwan Prayitno di sela-sela kampanye keliling tersebut.

Bagi Irwan Prayitno, dukungan tersebut tentu saja sangat mengembirakan. Betapa tidak, sebagai Anak Nagari Pauh Basa Ampek Baleh, dirinya masih tetap di hati masyarakat daerah tersebut. Ini dibuktikan dengan dukungan langsung yang diberikan kepadanya saat kampanye keliling tersebut. Apatah lagi, pada saat kampanye keliling tersebut, dirinya didampingi oleh Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX, Evi Yandri Rajo Budiman, Wakil Ketua KAN Pauh V Fahmi Dedi Datuk Rajo Nan Kayo, Wakil Ketua KAN Pauh IX Hasan Basri Datuk Mansohor, Sekretaris KAN Pauh IX Zulhendri Ismet Rajo Bungsu, dan segenap Anak Nagari Pauh Basa Ampek Baleh.

Oh ya, saat mendampingi Irwan Prayitno kampanye keliling pada rute kedua, ada peristiwa mengharukan yang penulis alami. Penulis sempat tertinggal rombongan, karena harus mengisi BBM di SPBU yang berada di kawasan Bypass Kayu Gadang. Usai mengisi BBM, penulis menyempatkan diri mengisi pulsa di salah satu counter yang ada di Simpang Jalan Tunggang. Kepada penulis, si pemilik counter mengatakan, “Saya senang bapak mendukung pak Irwan Prayitno. Dia orang baik, dan pantas untuk kembali melanjutkan kepemimpinannya. Saya mendo’akan pak Irwan Prayitno terpilih lagi,” ungkapnya tulus.

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanah itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat dzalim dan amat bodoh.” (QS. Al Ahzab: 72). “Sesungguhnya akan dibuka buat kalian bumi bagian barat dan timur, dan pelakunya masuk ke neraka kecuali yang bertakwa kepada Allah dan melaksanakan amanah.” (HR. Imam Ahmad).

Ditulis Oleh:
Zamri Yahya
Wakil Ketua FKAN Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang
Bentengsumbar.com, 5 Desember 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>