«

»

Purna Tugas, Gubernur Tunjuk Plt

28 Maret 2016

Padang, Obsessionnews – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno akan menunjuk pelaksana tugas (Plt) untuk mengisi jabatan kosong yang ditinggalkan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), karena memasuki purna tugas. Kepala SKPD yang akan memasuki masa purna tugas, diantaranya Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tidak bisa serta merta merotasi dan memutasi pejabat, karena aturan tidak memperbolehkan. Berdasar Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 02/2016 tentang Penggantian Pejabat Pasca Pilkada yang didasari Undang-Undang Pilkada Nomor 8 Tahun 2015, khususnya pasal 162 ayat 3, kepala daerah dilarang melakukan penggantian pejabat dalam jangka waktu 6 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan.

“Kita ikuti aturan saja. Sementara untuk megisi kekosongan jabatan, kita tunjuk Pelaksana tugas (Plt), sehingga kinerja satuan kerja bersangkutan tidak terganggu,” kata Irwan Irwan usai membuka konsultasi publik penyusunan rancangan awal RPJMD 2016-2021 di Padang, Senin (28/3).

Sesuai aturan dimaksud, mutasi dan rotasi baru dapat dilakukan pada 12 Agustus mendatang. Jelang pergantian, rotasi dan mutasi, gubernur melaksanakan kebijakan dengan melakukan penilaian kinerja dan pemetaan potensi.

“Untuk mengisi jabatan bisa melalui pergeseran Kepala Dinas yang jabatannya serumpun, seperti perkebunan ke pertanian. Untuk yang benar-benar lowong kita adakan seleksi terbuka, kemungkinan di bulan Juli dimulai,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Jayadisman mengatakan, adanya aturan yang melarang kepala daerah melakukan penggantian pejabat hingga 6 bulan setelah dilantik, juga mengakibatkan tertundanya penetapan sosok yang telah lulus menjalani seleksi terbuka tahap akhir untuk mengisi jabatan lowong 4 Kepala SKPD yang telah dilakukan sejak tahun 2015 lalu.

“Ya memang harus bersabar. Kita sudah meminta arahan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), ternyata memang harus menunggu 6 bulan dulu,” katanya.

Meski demikian, Jayadisman menjelaskan, hasil seleksi terbuka untuk mengisi jabatan empat kepala SKPD, masing-masing Kepala BPBD, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Sekretaris Dewan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, yang telah dilaksanakan sejak 2015 tidak berubah, hanya menunggu penetapan.

“Tidak ada seleksi ulang. Hasilnya sudah ada. Mungkin Agustus ditetapkan Gubernur,” ujarnya. (Musthafa Ritonga) @alisakinah73

obsessionnews.com, 28 Maret 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>