«

»

Gubernur Buka Jambore Kader PKK

20 Juli 2017

Gubernur Irwan Prayitno didampingi Wako Ramlan Nurmatias dan Ketua DPRD; Benni Yusrial memukul gong menandai pembukaan jambore kader PKK berprestasi Sumbar 2017 di Lapangan Wirabraja, Bukittinggi, Selasa (18/7).

 

BUKITTINGGI – SINGGALANG

Sekitar 1.000 kader Tim Penggerak (TP) PKK dari berbagai daerah mengikuti jambore kader berprestasi tingkat Sumbar di Lapangan Wirabraja, Bukittinggi.

Kegiatan yang berlangsung 17-20 Juli 2017 itu ditandai berbagai perlombaan dan pameran teknologi tepat guna (TTG) yang dibuka Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Selasa (18/7).

Jambore tahun ini merupakan yang XIV mengusung tema ‘Melalui Jambore Kader PKK Berprestasi dan Gelar TTG, kita tingkatkan kinerja Kelompok Dasawisma dalam Menggerakkan Masyarakat untuk pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di wilayah Provinsi Sumatera Barat’.

Menurut Ketua TPPKK Sumbar, Ny.Nevi Irwan Prayitno, jambore bertujuan meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kader dalam melaksanakan 10 program pokok PKK melalui penyuluhan dan berbagai lomba.

Selain itu, juga dimaksudkan meningkatkan hubungan silaturrahmi serta berbagi pengalaman antara sesama kader dan pihak-pihak terkait. TP-PKK provinsi tiap tahun menghelat jambore sejak yang pertama pada 2003 di Padang Panjang diikuti 19 kabupaten dan kota. Untuk 2018, kegiatan tersebut bakal dilaksanakan di Pesisir Selatan.

TP-PKK, menurut Gubernur Irwan Prayitno, berperan sangat penting dalam menjalankan program pemerintah, terutama melalui sosialisasi oleh para kader yang langsung turun ke lapangan. Karena itu, para kader diharapkan tetap bersemangat dan penuh inovasi menjalankan program PKK ke depan di masing-masing daerah.

Muara akhir dari program tersebut, tiada lain mewujudkan keluarga sejahtera dan bahagia. “Pembangun infrastruktur memang penting, tetapi lebih penting membangun manusianya,” Irwan menambahkan.

Pembukaan ditandai pemukulan gong oleh Gubernur didampingi Ny. Nevi, Wako Bukittinggi;Ramlan Nurmatias, Ketua DPRD; Benni Yusrial dan Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi; Hj. Yesi Endriani.

Jambore PKK berprestasi dan Gelar Teknologi Tepat Guna Tk. Prov. Sumbar tahun 2017

Sebagai bakti sosial saat pembukaan, Ketua TP PKK Sumbar juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu yang diserahkan secara simbolis dari Baznas Sumbar, bantuan bibit ikan dan tanaman serta sembako.

Pembukaan diakhiri dengan pemberian hadiah pemenang lomba pelaksana terbaik kegiatan gerakan PKK tingkat Sumbar 2017. Hasil penilaian itu, Bukittinggi meraih Juara 1 lomba pengelolaan administrasi PKK atas nama Kelurahan Aur Tajungkang, Tangah Sawah Kecamatan Guguak Panjang meraih tropi, piagam dan uang tunai.

Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi; Hj. Yesi Endriani kepada Singgalang menyebutkan,berbagai perlombaan yang digelar meliputi leaflet, asmaul husna, pameran hasil kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK, pemanfaatan barang bekas, lomba penyuluhan dengan metoda bermain peran, lomba parade yelyel. Disamping itu juga dilaksanakan tausyiah dan muhasabah, kesenian khas daerah, out bound dan jalan santai.

 

Singgalang, 20 Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>