«

»

Gubernur: Ciptakan PNS Profesional dan Berkarakter

20 Juli 2017

GUBERNUR BUKA DIKLAT GOLONGAN III CPNS KEMENRISTEK

Gubernur memasangkan kartu peserta tanda dimulainya pelatihan dasar Kemenristek

Padang, Singgalang

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun        2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), CPNS diwajibkan mengikuti pendidikan dan pelatuhan pra-jabatan paling lama satu tahun semenjak surat keputusan pengangkatan CPNS tersebut.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat membuka pelatihan dasar calon CPNS golongan III angkatan I dan II pola baru bagi CPNS di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar, Rabu (19/7).

Peserta sebanyak 80 orang yang terdiri dari dua angkatan dimulai, 19 Juli hingga 29 November 2017.

Gubernur Irwan Prayitno memberikan arahan saat pembukaan.

Disebutkannya, pelatihan dasar CPNS merupakan pendidikan awal yang diterima CPNS untuk menjadi PNS penuh. Pelatihan dasar CPNS ini bertujuan untuk menciptakan PNS yang profesional dan berkarakter agar dapat meningkatkan daya guna SDM aparatur dalam mengemban tugas pemerintah, pembangunan serta kemasyarakatan menuju terwujudnya pemerintah yang bersih dan berwibawa.

“SDM aparatur adalah aset yang tak ternilai dalam suatu organisasi, karena SDM aparatur merupakan objek sekaligus subjek bagi suatu organisasi. Oleh  karena itu, sebagai aparatur perlu dilaksanakan pelatihan, diasah dan ditingkatkan kemampuannya yang salah satunya melalui pelatihan dasar CPNS.

Saat ini dibutuhkan sosok PNS yang profesional, yaitu PNS yang mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya sehingga mampu melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efisien.

Dikatakan gubernur, melalui pembaharuan pelatihan dasar ini diharapkan dapat menghasilkan PNS yang profesional yang dewasa ini sangat dibutuhkan untuk mengelola segala pra-kondisi dan sumber daya pembangunan yang ada, sehingga dapat mempercepat peningkatan daya saing bangsa.

Pada tempat yang sama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), H. Rosman Effendi mengatakan, kompetensi yang dibangun dalam pelatihan dasar CPNS golongan III adalah kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional yang diindikasikan dengan kemampuan. Diantaranya, menunjukan sikap perilaku dan disiplin PNS, mengaktualisasi nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya. Lalu, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ditambahkannya, kurikulum pembentukan karakter PNS terdiri dari agenda sikap prilaku dan disiplin PNS, agenda nilai-nilai dasar, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta agenda habituasi. Lalu, kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang yang terdiri dari kompetensi teknis umum/administrasi serta kompetensi substantif.

Instansi peserta dari beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bengkulu, Universitas Teuku Umar, Universitas Syiah Kuala, Universitas Andalas, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Politeknik Negeri Batam serta Kopertis Wilayah XIII.

 

Singgalang, 20Juli 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>