«

»

Padek, Menginspirasi Pembangunan Daerah

25 Januari 2018

Memasuki usia ke-19 tahun saya melihat Padang Ekspres (Padek) sudah semakin banyak berubah. Di mana perubahan ini merupakan bagian dari tuntutan perkembangan zaman. Zaman now seperti yang disebut-sebut anak muda generasi milenial, perkembangan dunia digital sudah semakin pesat. Saya melihat Padek pun telah melakukan antisipasi terhadap dunia digital ini.

Saat ini aplikasi Padek sudah ada di sistem operasi ponsel pintar, yaitu Android yang dikeluarkan Google. Dengan demikian, pembaca Padek bisa semakin luas, tidak lagi hanya wilayah Sumbar semata. Dan dengan keberadaan di dunia digital ini juga memudahkan anak zaman now yang melek digital untuk mengakses berita Padek dari ponsel pintar mereka.

Saya melihat Padek juga sudah menyediakan koran digital atau e-paper, sehingga masyarakat Sumbar atau perantau di seluruh dunia bisa menikmati koran Padek dari tempat mereka. Dan harganyapun terjangkau, serta lebih murah dari harga koran edisi cetak. Faktor harga yang terjangkau tentunya akan memperluas segmen pembaca, sehingga hal ini sangat membantu bagi yang ingin mendapatkan koran Padek namun dalam versi digital.

Dengan dimotori oleh anak-anak muda, dan dengan regenerasi yang baik yang selama ini sudah berjalan di Padek, maka Padek bisa semakin mengukuhkan eksistensinya di masyarakat sebagai sumber informasi dan inspirasi.

Padek dalam penyajiannya tidak lupa menyisipkan kisah-kisah nyata yang humanis dan inspiratif. Sehingga tulisan semacam ini turut memberikan inspirasi kepada pembacanya dan juga motivasi untuk melakukan hal serupa dengan bentuk lain. Tulisan-tulisan yang demikian insya Allah akan menjadi salah satu bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa di samping berita maupun artikel.

Sementara itu, jika dikaitkan dengan maraknya penyebaran berita atau informasi hoaks, saya melihat peran Padek ada di sini, yaitu menyajikan berita yang berasal dari sumber terpercaya. Dengan penyajian berita yang objektif serta menjaga keberimbangan, maka Padek adalah salah satu pilihan bagi masyarakat untuk mengakses berita yang memiliki akurasi dan validitas baik. Salah satu kelebihan berita dari media cetak adalah, adanya wartawan atau reporter yang melaporkan dari tempat pengambilan berita, sehingga jauh dari hoaks.

Selain itu, selama ini Padek juga telah menyediakan ruang bagi pemerintah daerah untuk menyampaikan berbagai informasi pembangunan daerah. Dengan penyampaian informasi melalui media, maka diharapkan masyarakat mengetahui program-program pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah.

Saya merasakan hal ini sangat membantu kami selaku pemerintah daerah dalam menginformasikan kepada publik berbagai capaian pembangunan yang ditujukan untuk masyarakat. Baik pembangunan infrastruktur, pertanian, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Adanya media seperti Padek insya Allah akan mempercepat masyarakat mengetahui program-program pembangunan pemerintah di satu sisi. Dan di sisi lain masyarakat pun dengan informasi yang sudah didapat bisa memberi masukan atau kritikan terhadap program pembangunan yang sedang dan sudah dilakukan.

Meskipun basis Padek adalah Padang atau Sumbar, namun dalam penyajiannya senantiasa mengetengahkan juga berita-berita nasional. Ini adalah salah satu gaya penyajian yang menarik masyarakat untuk membeli koran Padek. Namun demikian, berita-berita tentang Sumbar juga tak kalah banyak. Sehingga Padek mampu menjadi pilihan masyarakat untuk mendapatkan berita Sumbar dan nasional.

Dengan kemampuan Padek menyajikan berita yang berimbang, bukan fiktif dan juga tidak diskriminatif, akan membuat masyarakat menyukai Padek. Karena kecenderungan yang ada saat ini, masyarakat akan memilih media yang mampu menyampaikan berita atau informasi yang objektif dan berimbang.

Mengakhiri tulisan ini saya menyampaikan selamat memasuki usia ke-19 tahun kepada seluruh jajaran Padek. Semoga SDM Padek semakin profesional sehingga mampu memenuhi tuntutan masyarakat akan berita, informasi, tulisan yang objektif, konstruktif akurat, valid, inspiratif dan berimbang. Dan semoga Padek menjadi media yang senantiasa menginspirasi masyarakat untuk berbuat kebaikan pada sesama serta menjadi jembatan informasi pembangunan daerah sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar

Padang Ekspres, 25 Januari 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>